Berita Jatim

Pertama Kali Prodi PPG UM Gelar Seminar Internasional ICITEP 2022

International Conference on Innovation and Teacher Professionalism (ICITEP) ini diselenggarakan karena belum pernah ada seminar bertaraf internasional

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Prof. Dr. Hariyono, M.Pd , Rektor UM didampingi Dr. Iwan Syahril, Ph.D selaku Dirjen PAUD Dikdasmen saat foto bersama saat usai membuka konfererensi internasional ICITEP 2022, Rabu, (9/11/2022) 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - International Conference on Innovation and Teacher Professionalism (ICITEP) ini diselenggarakan karena belum pernah ada seminar bertaraf internasional di Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Malang (UM).

Penyelenggaraan seminar internasional merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk mewujudkan internasionalisasi Program Studi (PS) dan Perguruan Tinggi (PT).

Peningkatan jumlah kegiatan yang bertaraf internasional di sebuah PT menjadi tolok ukur bagi predikat PT unggul kelas dunia.

Universitas Negeri Malang (UM) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang kini terus berjuang untuk membawa nama UM ke jajaran PT kelas dunia (World Class University). Oleh sebab itulah penyelenggaran International Conference ini membawa visi internasionalisasi Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan PT sehingga menjadi prodi unggul yang dikenal secara luas oleh masyarakat dunia.

Melalui International Conference ini para insan akademik, baik guru, dosen, mahasiswa, peneliti, maupun pecinta pendidikan dapat melakukan sharing pengetahuan terkait pendidikan profesi guru dan profesionalisme guru.

Melalui International Conference ini mereka dapat mendesiminasikan hasil penelitiannya di samping dapat menyampaikan hasil pemikiran dan sharing pengalaman sehingga terjadilah tukar pendapat untuk saling melengkapi ide dan gagasannya.

International Conference ini juga membuka kesempatan bagi para ilmuwan di bidang pendidikan profesi guru untuk berkolaborasi dalam melakukan pembelajaran, penelitian, pengabdian, dan kegiatan-kegiatan seminar, workshop, lokakarya, konsorsium, simposium, dan lain sebagainya sehingga mereka memiliki jaringan yang luas dalam rangka pengembangan pendidikan profesi guru di era society 5.0. International Conference ini bertajuk inovasi dan profesionalisme guru. Pemilihan tajuk ini sesuai dengan profil lulusan Universitas Negeri Malang, yaitu mencetak lulusan yang mampu mendayagunakan teknologi secara kreatif dan adaptif dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Pemilihan tajuk ini juga memperkuat UM sebagai PT yang unggul dalam inovasi pembelajaran (Excellence in Learning Inovation).

Baca juga: Universitas Ciputra Siapkan UMKM Go Internasional

Di samping itu pemilihan topik inovasi guru ini sesuai dengan trend pendidikan Era Society 5.0 yang menuntut kemampuan seseorang belajar melalui pemanfaatan teknologi dengan kreatif, inovatif, produktif, adaptif, dan kompetitif dengan cara mengakses pengetahuan secara lebih luas melalui sharing dan kolaborasi dengan para insan akademik dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Melalui pendayagunaan teknologi yang inovatif diharapkan guru semakin profesional dalam melaksanakan pembelajaran.

International Conference dilaksanakan dengan menggunakan metode hybrid learning, yaitu gabungan antara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). International Conference ini terdiri atas 2 sesi, yaitu sesi utama (panel) yang menampilkan 5 keynote speakers, dan sesi pararel yang menampilkan 88 presenters. International Conference ini menghadirkan 5 keynote speaker pakar bidang pendidikan profesi guru.

Mereka adalah Dr. Iwan Syahril, Ph.D (Dirjen PAUD Dikdasmen) Prof. Eero Tapani Ropo, Ph.D (Tampere University), Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D (Universitas Negeri Malang), Prof. Julie Anne Luft, Ph.D (University of Georgia United States), dan Dr. Alexius Chia Ti Yong (National Institute of Education).

ICITEP dihadiri peserta kurang lebih 1000 orang, baik secara luring maupun daring, yang tidak hanya dari kalangan perguruan tinggi tingkat nasional dan internasional seperti, University of Nottingham United Kingdom, Tampere University, National Institute of Education, University of Georgia United States, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Simalungun, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Internasional Batam, Universitas Klabat, Universitas Wiraraja, Badan Riset Inovasi Negara (BRIN), Institut Agama Islam Negeri Kediri, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, Institut Pendidikan tapanuli Selatan, sejumlah sekolah juga ikut meramaikan International Conference ini, seperti SMAN 8 Malang, SMPN 1 Juwangi, dan SDN 1 Pangkalan Baru.

Seminar ini, dihadiri secara luring oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D selaku Dirjen PAUD Dikdasmen.

Selepas menjadi keynote speaker, beliau melakukan monev pembelajaran ke beberapa kelas Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Beliau melakukan audiensi dengan mahasiswa dan menjadi dosen tamu pada beberapa kelas. Konferensi internasional PPG perdana ini juga dihadiri oleh Temu Ismail, S.Pd, M.Si (Direktur Pendidikan Pofesi Guru).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved