Berita Bisnis

Tawarkan Software Canggih untuk Tingkatkan Efisiensi Operasi Bisnis, TreeAMS Resmi Ekspansi ke RI

Perusahaan software manajemen multi-unit terkemuka Singapura, TreeAMS, baru-baru ini telah mengumumkan ekspansinya ke Indonesia dan kemitraan mereka d

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
(Dari kiri, kanan, dan bawah) Felicia Elsa, Country Head, TreeAMS Indonesia; Hsien Naidu, CEO & Co-founder TreeAMS; Pungky Salisa, Direktur Gracindo. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perusahaan software manajemen multi-unit terkemuka Singapura, TreeAMS, baru-baru ini telah mengumumkan ekspansinya ke Indonesia dan kemitraan mereka dengan penyedia Solusi Point of Sale (POS) lokal terkemuka, Gracindo.

Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan akan bekerja sama dengan perusahaan ritel yang hendak meningkatkan operasi dan skala multi-unit  mereka di seluruh Indonesia dan sekitarnya.

Co-founder TreeAMS, Hsien Naidu menyebutkan, solusi teknologi software TreeAMS yang canggih memiliki fitur-fitur penting yang dapat mengumpulkan data, mengaudit, melatih, membuat alur kerja, prosedur operasi standar (Standard Operating Procedures / SOP) serta menyediakan dashboard intuitif, yang telah dirasakan manfaatnya oleh klien TreeAMS dalam meningkatkan efisiensi operasi bisnis secara signifikan, serta meningkatkan keuntungan dan skalabilitas bisnis.

Kata dia, solusi software yang ditawarkan oleh TreeAMS tersebut bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis penyedia waralaba dan pelaku bisnis secara umum dalam memudahkan pengelolaan bisnis multi-unit sehari-hari dengan menyatukan data-data penting yang dibutuhkan oleh pebisnis dalam satu platform.

“Di Indonesia, kami menyaksikan kesulitan yang dihadapi oleh pelaku bisnis dan penyedia waralaba dalam mengumpulkan data dari ribuan unit bisnis mereka. Bagi mereka, hal itu sangat memakan waktu dan tidak efisien. Tanpa informasi dan data tersebut, mereka seringkali mengalami keterlambatan dalam membuat keputusan yang tepat atas berbagai situasi dalam bisnis mereka."

"Sebagian besar penyedia waralaba dan pemilik bisnis tidak menyadari kekuatan data yang mereka miliki dan dampak positif terhadap efisiensi bisnis apabila mereka melakukan pengambilan keputusan mereka berdasarkan insight data ini. Tantangan yang kami hadapi adalah menunjukkan dampak positif terhadap hubungan pemilik bisnis dan stakeholder, penyedia waralaba dan pewaralaba saat teknologi manajemen multi-unit ini dimanfaatkan dengan baik. Kami yakin tantangan tersebut dapat dijawab oleh teknologi yang ditawarkan oleh TreeAMS dengan membuat praktek bisnis menjadi lebih efisien demi meningkatkan profitabilitas dan skalabilitas bisnis mereka di Indonesia," jelas Hsien Naidu. Rabu (18/1/23).

Berkolaborasi dengan salah satu penyedia sistem manajemen restoran dan ritel terkemuka di Indonesia yakni Gracindo, lebih lanjut Hsien Naidu mengatakan, TreeAMS akan turut mendukung perkembangan klien mereka, termasuk diantaranya A&W, Sushi Tei Indonesia dan Solaria.

Terlebih, sebelumnya, selama lebih dari 20 tahun Gracindo telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan terbaik di dunia, mendistribusikan lebih dari 2,000 perangkat lunak dan perangkat keras di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis di industri seperti toko retail, restoran, perhotelan, dan rumah sakit.

"Dirancang untuk membantu mengoptimalkan kinerja pemilik bisnis, penyedia waralaba dan pewaralaba secara digital, melalui solusi TreeAMS, pengguna dapat mengakses SOP kapan saja dan di mana saja serta melakukan audit operasional menyeluruh sambil mengakses matriks keuangan secara bersamaan. Bahkan, unit Performance Scorecard oleh TreeAMS juga telah dikembangkan dan dirancang untuk mengukur kinerja unit pada periode tertentu demi menciptakan dialog yang dinamis dan tepat waktu antara penyedia waralaba dan pewaralaba. Semua fitur ini dapat dilihat dalam platform tunggal terintegrasi yang tersedia di TreeAMS," sambung dia.

Adapun saat ini, masih kata Hsien Naidu, TreeAMS telah memiliki beberapa klien di Indonesia dari berbagai industri antara lain ada Cuddly Cubs dari industri Pendidikan, Ride Indonesia dari industri Kebugaran, Tawan, Donburi Ichiya, dan Momokino dari industri F&B. 

Selain merek asal Indonesia, terdapat pula Joe & Dough, merek asal Singapura, yang memanfaatkan teknologi milik TreeAMS saat melakukan ekspansi ke Indonesia dan saat ini telah memiliki beberapa unit di Jakarta.

"Kedepannya, kami (TreeAMS) memiliki rencana untuk bermitra dengan lebih banyak distributor dari berbagai sektor demi mendukung lebih banyak bisnis lokal untuk berkembang secara berkelanjutan di seluruh Indonesia," kata Hsien Naidu.

Sementara itu, Direktur Gracindo, Pungky Salisa menambahkan, selama ini Gracindo hanya memberikan solusi perangkat lunak dan perangkat keras untuk operasional unit yang berhubungan dengan penjualan, persediaan dan laporan yang berhubungan penjualan dan persediaan.

"Dengan kemitraan yang dibangun saat ini, maka kami dapat menawarkan solusi lain untuk membantu pelaku bisnis yang memiliki multi-unit, yang mana agar dapat mengawasi dan memastikan bahwa unit-unitnya menjalankan apa yang seharusnya dijalankan secara tepat waktu dan akurat. Kami percaya kolaborasi yang tepat waktu dengan TreeAMS membantu banyak pebisnis lokal untuk lebih berkembang," ungkap Pungky Salisa.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved