Lima Tahun, Penduduk Kota Malang Bertambah 50.116 Orang

Sumbangan dari faktor ini lebih signifikan ketimbang pertambahan penduduk dari kelahiran. Sementara angka pengurangan penduduk dipengaruhi oleh migras

Lima Tahun, Penduduk Kota Malang Bertambah 50.116 Orang
Ist
Kota Malang 

Laporan Wartawan Surya, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dengan luas wilayah yang tetap, yakni 252,1 kilometer persegi (km2), penduduk Kota Malang dalam lima tahun terakhir bertambah 50.116 orang. Jumlah warga pada 2012 hanya 845.271 orang.

Lima tahun berikutnya, jumlah itu membengkak menjadi 895.387 orang.

Fakta lain, penyumbang utama pertambahan penduduk adalah migrasi, warga yang berpindah dari daerah lain ke Kota Malang.

Sumbangan dari faktor ini lebih signifikan ketimbang pertambahan penduduk dari kelahiran. Sementara angka pengurangan penduduk dipengaruhi oleh migrasi juga dan kematian.

Jumlah penduduk yang disampaikan itu belum termasuk warga luar kota yang beraktivitas di kota yang terkenal dengan iklim sejuknya ini.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) memprakirakan, sekitar 3.000 orang yang tinggal di Kota Malang namun bukan penduduk. Mereka antara lain, para mahasiswa dan pekerja dari luar kota.

Jadi apabila di total, jumlah orang yang menghuni beraktivitas di dalam Kota Malang mencapai lebih dari 1 juta orang.

Kabar baiknya, Angka pertambahan itu mulai melambat dalam dua tahun terakhir. Hal itu diduga terpengaruh faktor ekonomi yang cenderung turun. Faktor ekonomi berpengaruh pada jumlah warga yang bermigrasi.

“Faktor pendatang signifikan karena Kota Malang adalah perkotaan, pusat perekonomian, dan pusat pendidikan. Ekonomi yang cenderung turun dua tahun ini berpengaruh pada turunnya angka pertambahan penduduk,” kata Kasi Informasi Administasi Kependudukan Dispendukcapil Kota Malang Sudarmanto, Selasa (14/2/2017).

Tren pertambahan penduduk yang mulai berkurang itu setidaknya dimulai dalam dua tahun terkahir. Pada 2014, angka pertambahannya 1,78 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah penduduk 865.306 orang.

Pada tahun 2015, pertambahan penduduk menurun jadi hanya 1,51 persen. Setahun selanjutnya, angka pertambahan itu turun lagi menjadi 1,32 persen dengan total penduduk 881.798 kepala.

Selain faktor ekonomi, menurut Sudarmanto, banyak juga warga yang bermigrasi ke Kota Malang karena memperhitungkan soal cuaca.

“Banyak warga yang pensiun lalu tinggal di Malang. Tapi tetap faktor penunjang yang paling banyak adalah ekonomi dan pendidikan,” imbuhnya.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved