Pilgub Jatim 2018

Harga Bawang Merah Melonjak, Khofifah Kunjungi Gudang Bawang Merah di Probolinggo

Melonjaknya harga bawang merah menjadi perhatian calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Harga Bawang Merah Melonjak, Khofifah Kunjungi Gudang Bawang Merah di Probolinggo
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyapa para pedagang pemilahan bawang di Pasar Bawang di Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin (9/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Melonjaknya harga bawang merah menjadi perhatian calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pasar bawang di Dringu, Probolinggo sekaligus gudang penyimpanan bawang merah di Probolinggo dikunjungi Khofifah untuk menyapa para pedagang pemilahan bawang, Senin (9/4/2018).

Khofifah sempat dicurhati oleh pedagang bawang merah tentang lonjakan harga bawang merah saat ini.

"Kondisinya saat ini naik. Bawang merah yang normalnya Rp 25 ribu perkilogramnya saat ini naik jadi Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu perkilogramnya," kata Joko, salah satu pedagang.

Baca: Website Kena Deface, Data Pengadilan Agama Sidoarjo Tetap Aman

Dengan mahalnya harga bawang merah ia mengatakan bahwa ada penurunan pembelian. Mereka para pedagang sering mendaatkan komplain akan kenaikan harga bawang merah.

"Ya jadi kami harap Bu Khofifah bisa menjaga harga bahan pokok agar tidak terus mengalami fluktuatif dan naik turun. Kalau bisa ya turun terus," kata Joko.

Menanggapi keluhan tersebut, Khofifah mengaku kenaikan harga bahan pokok dipengaruhi oleh supply and demand. Mantan Menteri Sosial ini mengatakan jika musim hujan, pasti harga bawang akan naik.

Dikatakan Khofifah ini kaitannya dengan kemungkinan kulitas bawang merah yang pada musim hujan terjadi pembusukan.

"Maka tadi saya sebetulnya meminta ke gudang penyimpanan bawang merah untuk bisa memastikan bahwa bawang itu bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup dan tidak mengalami penurunan kualitas," kata Khofifah.

Jika tidak ada penurunan kualitas maka ketika dilempar ke pasar seharusnya bisa menurunkan kembali harga bawang merah di pasaran.

Baca: Sibuk Bertanding, Saddil Ramdani Dinilai Rajin Sekolah, Kini Ikut UNBK

Sementara itu, selama bersapa dengan pedagang bawang merah di Dringu Khofifah banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat di sana.

Salah satunya adalah Buniyah. Pada Surya ia mengatakan sosok gubernur Jawa Timur yang seerti Khofifahlah yang dicari.

"Sudah waktunya ganti. Kalau saya coblos bu Khofifah saja, waktunya perempuan memimpin, apalagi yang kurang dari Bu Khofifah, pernah jadi menteri," katanya. (Fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved