Dr Lula Kamal Sebut Kesadaran untuk Pemeriksaan IVA Masih Rendah, Datang Saat Sudah Stadium Lanjut

Dr Lula Kamal mengatakan kesadaran masyarakat untuk pemeriksaan organ reproduksi terkait Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) masih rendah.

Dr Lula Kamal Sebut Kesadaran untuk Pemeriksaan IVA Masih Rendah, Datang Saat Sudah Stadium Lanjut
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Bonita cek kesehatan reproduksi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dr Lula Kamal mengatakan kesadaran masyarakat untuk pemeriksaan organ reproduksi terkait Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) masih rendah.

Padahal pemeriksaan kesehatan reproduksi wanita, dikatakan dokter sekaligus artis ini, penting untuk perempuan yang sudah melakukan hubungan seksual, maupun yang sudah menikah.

"Sudah pernah melakukan hub seksual, nikah atau tidak nikah, dia harus melakukan pap smear dan IVA," ujar dr Lula Kamal di acara Bhakti Kesehatan Polrestabes Surabaya, Minggu (15/4/2018).

Menjanda daripada Dipoligami Sahrul Gunawan, Begini Penampilan Indriani Kini hingga Dikomen Mantan

Dokter kelahiran 10 April 1970 itu juga mengatakan pemeriksaan IVA dapat dilakukan oleh bidan maupun perawat, serta biaya yang tidak mahal maupun repot.

"Tidak mahal dan repot. Cuma kesadaran masyarakat untuk datang dan periksa itu yang masih rendah, jadi kadang datang dalam keadaan kanker stadium lanjut. Kita tidak bisa membantu lebih jauh," ujarnya.

"Stadium awal bisa sembuh sempurna," tambah Lula Kamal.

12 Foto Ini Buktikan Pubertas Dapat Merubah Penampilan Seseorang Makin Cantik dan Manglingi!

Dijelaskan Dr Lula Kamala, penyebab penyakit pada organ kelamin tersebut lantaran virus HPV dan harus pemeriksaan untuk perempuan yang sudah pernah berhubungan seksual.

Halaman
12
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Alga Wibisono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved