Pilgub Jatim 2018

Giliran Alumni Ponpes Langitan di Bojonegoro Kompak Menangkan Gus Ipul

Ribuan alumni Pondok Pesantren Langitan Asal Bojonegoro mendeklarasikan dukungan untuk Gus Ipul

Giliran Alumni Ponpes Langitan di Bojonegoro Kompak Menangkan Gus Ipul
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Deklarasi dukungan Gus Ipul-Mbak Puti oleh Alumni Langitan di Pesantren Abu Dzarin, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro, Rabu (6/6/2018) malam. 

TRIBUNJATIM.CO, BOJONEGORO - Ribuan alumni Pondok Pesantren Langitan Asal Bojonegoro mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Deklarasi dukungan para alumni ini mereka sampaikan dalam pertemuan internal yang digelar di pesantren Abu Dzarin, Ngumpakdalem, Dander, Bojonegoro, Rabu (6/6/2018) malam.

Mereja yang dating baikab telag menyiapkan warah relawan bernama Komunitas Relawan Langitan Seluruh Indonesia atau yang disebut dengan Korelasi. Pengasuh Pesantren Langitan, Machsum Faqih (Gus Maksum) memimpin langsung relawan ini.

Gus Maksum pada penjelasannya mengatakan bahwa dukungan terhadap Gus Ipul adalah amanah dari para Kiai sepuh se Jawa Timur. Termasuk, pengasuh pondok pesantren Langitan Tuban, KH Ubaidilah Faqih.

Baca: Dari Opor Ayam sampai Kue Nastar, 8 Makanan ini Wajib Ada Saat Hari Raya Idul Fitri, Mana Favoritmu?

"Gus Ipul maju karena dawuh Kiai-kiai sepuh. Maka kita sebagai alumni Langitan harus memenangkan Gus Ipul untuk memperjuangkan aspirasi para kiai," kata Gus Maksum.

"Secara tidak langsung, para kiai memberikan dua dawuh yang berbeda. Pertama, para kiai mendong Gus Ipul maju. Kedua, menginstruksikan para alumni dan santrinya untuk membantu pemenangan Gus Ipul," jelas Gus Maksum.

Tak hanya para alumni dan santri, Gus Maksum menyebut para putra kiai atau yang disebut dengan gus dari berbagai daerah di Jawa Timur juga telah sepakat untuk memenangkan Gus Ipul.

"Saya juga telah mendapatkan mandat untuk memenangkan Gus Ipul di daerah sekitar Tuban termasuk Bojonegoro juga Lamongan dan daerah-daerah sekitar lainnya," kata Gus Maksum

Dalam kesempatan ini, Gus Maksum juga meminta para santri dan alumni Langitan untuk tak terpengaruh dengan berbagai fatwa yang memerintahkan untuk memilih calon selain Gus Ipul.

"Jangan terpengaruh fatwa-fatwa yang tidak mendukung Gus Ipul. Kiai-Kiai sudah berada di belakang Gus Ipul, itu saja dilihat. Jangan telah-toleh," ujarnya.

Baca: Giliran Masyarakat Desa Hutan di Bojonegoro Komitmen Dukung Gus Ipul

Sementara itu, Gus Ipul yang hadir dalam acara ini memastikan bahwa dukungan dari para alumni Langitan ini akan memudahkan jalan bagi kemenangannya.

"Semua sudah kompak, suara di bawah juga terus mengalir. Pesantren-pesantren juga terus bergerak untuk kemenangan 27 Juni nanti," ujarnya.

Untuk diketahui, ponpes Langitan Tuban merupakan satu di antara ponpes besar di Jawa Timur. Berdiri sejak 1852, ponpes ini telah memiliki ribuan alumni.

Bahkan, beberapa di antaranya juga telah memiliki pesantren. Saat ini, Ponpes yang berlokasi di Desa Widang, Kacamatan Widang, Kabupaten Tuban ini telah berkembang pesat dan menempati tanah seluas tujuh hektar di tepi Sungai Bengawan Solo.

Tak hanya di Bojonegoro, para alumni Ponpes Langitan juga telah mendeklarasikan dukungan di Tuban dan juga Lamongan. (bob)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help