Dua Kali Dilaksanakan, Eksotika Bromo Mampu Menyedot Banyak Pengunjung

Pelaksanaan eksotika bromo kedua kalinya berlangsung sangat meriah, Jumat (29/6/2018) sore di lautan pasir Gunung Bromo,

Dua Kali Dilaksanakan, Eksotika Bromo Mampu Menyedot Banyak Pengunjung
(Surya/Galih Lintartika)
Pagelaran eksotika Gromo 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Pelaksanaan eksotika bromo kedua kalinya berlangsung sangat meriah, Jumat (29/6/2018) sore di lautan pasir Gunung Bromo, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Acara yang dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan eksotis ini mampu menyedot perhatian para pengunjung.

Di tengah hawa dinginnya gunung Bromo, pengunjung dibuat takjub dengan serangkaian penampilan dalam acara pra Yadnya Kasada, ritual khas suku tengger tersebut.

Eksotika Bromo 2018 menjadi hiburan istimewa sebelum umat hindu tengger menggelar Yadnya Kasada.

Delegasi Kemenpar RI Divisi Calender of event, I Made Wira Adikusuma mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Eksotika Bromo kali ini.

Baca: Polisi Akhirnya Ketahui Siapa Pemilik Potongan Kaki di Pantai Tuban

"Ini bentuk melestarikan budaya dan kesenian lokal, event ini dapat meningkatkan wisatawan yang datang ke Gunung Bromo. Dia sangat mendukung penuh dari semua segi apapun," katanya.

Dalam kegitaan sore tadi, 10 kesenian dari berbagai daerah di nusantara ditampilkan. Puncaknya, ada penampilan itu artis Ibukota, Olivia Zalianti, yang akan membacakan puisi nyawiji dalam kidung tengger.

Kadisbudpar Pemkab Probolinggo Sidik Widjanarko memaparkan, tujuan Eksotika Bromo ini lebih pada pelestarian budaya dan seni daerah, dan memperkenalkan Gunung Bromo ke masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca: Khofifah-Emil Hanya Kalah di 9 Kabupaten Kota, Kejutan di Surabaya dan Madura

Bagi Pemkab Probolinggo, Eksotika Bromo menjadi ajang promosi dalam rangkaian Endless Probolinggo.

"Dampak Eksotika Bromo ini sangat siginifikan bagi perkembangan wisata. Manfaat lain, mampu menjadi penggerak sektor ekonomi bagi masyarakat sekitar. Banyak UKM yang mendapat kesempatan untuk berjualan," pungkas dia. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help