Emil Sebut Trenggalek Punya Banyak Bekal Hadapi Bencana, dari Kesiapan Warga hingga Tim Reaksi Cepat

Bupati Trenggalek, Emil Dardak, mengatakan bahwa Pemkab Trenggalek selalu dalam kondisi yang siap siaga dalam penanggulangan bencana.

Emil Sebut Trenggalek Punya Banyak Bekal Hadapi Bencana, dari Kesiapan Warga hingga Tim Reaksi Cepat
TRIBUNJATIM.COM/ISTIMEWA
Bupati Trenggalek, Emil Dardak saat hendak meninggalkan kediaman Khofifah Indar Parawansa, Selasa (26/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bupati Trenggalek, Emil Dardak, mengatakan bahwa Pemkab Trenggalek selalu dalam kondisi yang siap siaga dalam penanggulangan bencana.

Apalagi dalam beberapa Minggu terakhir, berbagai daerah di Indonesia diguncang gempa bumi dengan magnitude tinggi, termasuk Jawa Timur.

Emil mengatakan Pemkab Trenggalek sudah mempunyai persiapan dalam penanggulangan bencana, mulai dari alat pendeteksi dini tsunami hingga kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana.

"Kita punya sekolah siaga bencana yang kita launching tahun 2017. Kemarin kita juga menjadi tempat simulasi bencana se-Jatim untuk BPBD dan Satpol PP, agar Linmas lebih siap siaga dalam menghadapi bencana," jelasnya, Jumat (12/10/2018).

Kenali Risiko Awal Kanker Payudara dan Ovarium Lewat BRCA Screening, Simak Penjelasan Dokter!

Sekolah Siaga Bencana ini merupakan konsep kesiapsiagaan bencana dan pengurangan risiko korban meninggal saat terjadi musibah yang didasarkan padan siswa-siswi di bangku sekolah.

Selain itu, Emil menilai, saat ini masyarakat Trenggalek juga sudah sangat terlatih untuk evakuasi pasca bencana.

"Mulai bagaimana mendapatkan logistik dan BBM di saat putus jalur vitalnya, lalu aksesibilitasnya bagaimana, berapa jalur alternatif yang bisa diandalkan kalau jalur utamanya putus, itu sudah menjadi keseharian kita di Trenggalek," lanjutnya.

Wagub Jatim terpilih tersebut juga mengatakan Trenggalek juga mempunyai tim reaksi cepat yang beranggotakan masyarakat, Linmas, Koramil, Babinsa hingga Bhabinkamtibmas.

Pakde Karwo Akui Tak Khawatir, Progam Jatimnomisc Bisa Tetap Berjalan di Pemerintahan Khofifah-Emil

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved