Bidik Pengajar Bahasa Indonesia Penutur Asing, PBSI UNIPMA Gelar UKBI Program Internasionalisasi

Bidik Pengajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing, Prodi PBSI Universitas PGRI Madiun Gelar UKBI Program Internasionalisasi.

Bidik Pengajar Bahasa Indonesia Penutur Asing, PBSI UNIPMA Gelar UKBI Program Internasionalisasi
TRIBUNJATIM/IST
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Madiun, Dwi Rohman Soleh, saat memantau pelaksaan program UKBI yang bisa jadi modal mengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing, Kamis (27/12/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Program internasionalisasi yang sedang marak digalakkan memicu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) bersiap mencetak tenaga pendidik bertaraf internasional.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PBSI UNIPMA adalah mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Ini sangat penting, sebagai bekal mahasiswa mengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Madiun, Dwi Rohman Soleh, Kamis (27/12/2018) mengatakan, UKBI merupakan sarana uji kemahiran menggunakan bahasa Indonesia baik lisan ataupun tulisan.

Pelaksanaan UKBI bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Timur sebagai pihak resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan uji tersebut.

"Untuk pelaksanaannya, bertempat di UNIPMA 27 Desember 2018, Kamis hari ini dengan diikuti peserta sebanyak 65 mahasiswa," ujarnya, dalam siaran tertulis ke TribunJatim.com.

Menurut Dwi Rohman Soleh, mahasiswa yang mengikuti UKBI telah mendapatkan pelatihan sebelumnya dari dosen yang berkompeten di bidangnya.

Diharapkan adanya pelatihan tersebut, mampu membekali mahasiswa saat UKBI, sehingga minimal mendapat peringkat III atau unggul.

"Selain itu, UKBI ini juga bermanfaat sebagai bekal mahasiswa untuk mengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing," tegas alumni Universitas Negeri Malan (UM) ini. (TribunJatim/Mujib Anwar)

Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved