Pantau Ketersediaan Jagung di Probolinggo, Badan Ketahanan Pangan Kementan Harapkan Harga Stabil

Agung Hendriadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Probolinggo dalam rangka panen jagung bersama.

Pantau Ketersediaan Jagung di Probolinggo, Badan Ketahanan Pangan Kementan Harapkan Harga Stabil
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Agung Hendriadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Probolinggo dalam rangka panen jagung bersama dan memantau ketersediaan jagung di Gapoktan Sido Rukun Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton, Kamis (10/1/2019) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Agung Hendriadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Probolinggo dalam rangka panen jagung bersama dan memantau ketersediaan jagung di Gapoktan Sido Rukun Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton, Kamis (10/1/2019) pagi.

Dalam kunjungan ini, Agung Hendriadi didampingi Direktur Pakan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI, Sri Widayati; Direktur Serealia Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI, Bambang Sugiharto; Ketua Satgas Pangan Mabes Polri, Kombes Pol Helfi Asshegaf; Ketua Gabungan Pengusaha Makanan Ternak Desianto Budi Utomo, perwakilan Perum Bulog Probolinggo serta perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

6 Fakta Baru Kecelakaan Mobil Disambar Kereta Api di Pasuruan, 5 Tewas hingga Kronologi Lengkap

Tim Evaluasi Pemkot Blitar Datangi Lima Tempat Karaoke, Tiga Lainnya akan Dievaluasi Besok

Kedatangan Agung Hendriadi di Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton disambut oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari; Ketua Gapoktan Sido Rukun Babun dan segenap petani yang ada di wilayah Kecamatan Paiton.

Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari mengungkapkan, pemantauan ketersedian jagung ini merupakan kebijakan dari pemerintah terkait produksi jagung di Jawa Timur.

Pihaknya mengaku bersyukur karena dari pertemuan tersebut, pemerintah pusat mengakui bahwa di Kabupaten Probolinggo masih cukup untuk menyuplai kebutuhan stok pangan jagung di Jawa Timur.

Kenalkan Batik Probolinggo, Lia Afif Bawa Fashion Bertema Excite Tangerines ke Hongkong Fashion Week

"Dalam rangka menunjang harga jagung. Harapannya harga jagung stabil sehingga harga pakan ternak stabil. Sehingga pada akhirnya harga telur ayam ikut stabil. Serta bisa terus surplus untuk produki jagung yang bisa menunjang ketahanan jagung di nasional," katanya.

Menurut Hasyim, rata-rata produksi jagung setiap tahunnya di Kabupaten Probolinggo berkisar antara 200 ribu hingga 250 ribu ton.

Sementara yang dikonsumsi oleh masyarakat sebesar 4.000 hingga 5000 ton.

Sehingga masih terdapat surplus yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jagung nasional.

Jeanette Sebut Pembangunan Infrastruktur Jalur Laut Berkembang Pesat di Pemerintahan Jokowi

"Saat ini areal tanaman jagung di Kabupaten Probolinggo turun dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh karenanya diharapkan kepada Gapoktan untuk manfaatkan lahan yang ada jangan sampai lahan itu tidak tertanami. Karena sudah ada bantuan berupa sumur bor untuk mengatasi kekurangan air," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved