Info sehat terkini

INFO SEHAT TERKINI - Vitamin C Dapat Turunkan Kadar Gula Darah, Benarkah Demikian?

Vitamin c adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, Ternyata Vitamin C juga mampu menurunkan kadar gula darah seseorang.

INFO SEHAT TERKINI - Vitamin C Dapat Turunkan Kadar Gula Darah, Benarkah Demikian?
Shutterstock
Ilustasi buahdengan vitamin c tinggi 

TRIBUNJATIM.COM – Sama halnya dengan semua nutrisi yang penting, Vitamin C diperlukan oleh tubuh kita.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, Obesitas dan Metabolisme, mengklaim bahwa suplemen vitamin C dapat membantu penderita diabetes dengan menurunkan kadar gula darah yang meningkat sepanjang hari.

Menurut sebuah lapiran di PTI, vitamin C menurunkan tekanan darah pada diabetes tipe 2 dan juga baik untuk serangan jantung.

INFO SEHAT TERBARU - Bingung Cara Obati Untuk Biduran Bisa Gunakan Obat Apotik Ini

Glenn Wadley dari Deakin University di Australia mencatat bahwa ada 36 persen penurunan lonjakan gula darah setelah makan dan bahwa ada lebih sedikit waktu yang dihabiskan penderita diabetes dalam keadaan hiperglikemia, faktor risiko penyakit kardivaskular pada penderita diabetes tipe 2.

Penelitian ini juga menunjukkan perubahan positif pada pasien hipertensi, yaitu kapsul vitamin C diamati untuk mengurangi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik.

Penting untuk dicatat bahwa dosis vitamin C yang digunakan untuk penelitian ini sekitar 10 kali lebih banyak daripada asupan makanan normal.

INFO SEHAT HARI INI - 7 Gejala yang Dialami Bila Kekurangan Vitamin B12, Kulit Pucat dan Kuning

Ada hubungan erat antara vitamin C dan diabetes, demikian dilansir dari thehealthsite.

Sebuah penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa vitamin C sangat penting bagi mereka yang memiliki sindrom metabolik, yang mengacu pada sekelompok faktor risiko kardiometabolik termasuk peningkatan tekanan darah, kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal, yang terjadi bersama, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa makan lima hingga 10 porsi buah dan sayuran sehari akan membantu Anda mendapatkan serat dan vitamin C, yang keduanya akan melindungi usus.

INFO SEHAT HARI INI - Sering salah Kaprah, Yuk Kenalan Lebih Lanjut Dengan Demensia!

Ketika ada masalah dalam fungsi usus, itu dapat menyebabkan racun dalam aliran darah, menghasilkan vitamin C, dan penipisan vitamin E yang keduanya merupakan antioksidan yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh.

Halaman
12
Editor: Candra Setiawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved