Gubernur Khofifah Jajaki Kerjasama Pengiriman Student Exchange SMK ke Tiongkok

Pertemuan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, di Gedung Grahadi, Sura

Gubernur Khofifah Jajaki Kerjasama Pengiriman Student Exchange SMK ke Tiongkok
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian yang datang berkunjung ke Gedung Grahadi, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pertemuan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (12/3/2019), juga membahas tentang kerjasama di bidang pendidikan vokasi.

Pemerintah provinsi Jawa Timur bersama kedutaan besar Republik Rakyat Tiongkok akan menggelar MoU untuk meningkatkan pendidikan vokasi atau SMK di Jawa Timur.

Bentuknya yaitu akan ada pengiriman student exchange atau pertukaran pelajar SMK dari Jawa Timur ke Tiongkok. Serta pengiriman pertukaran tokoh masyarakat, social leader dari Jawa Timue ke Tiongkok.

"Pendidikan vokasi ini penting pengangguran terbuka terbesar di Jawa Timur itu lulusan SMK maka SMK kita harus punya laboratorium, Balai Latihan Kerja, dan didekatkan dengan dunia kerja," kata Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Jumlah pendidikan vokasi di Jawa Timur mencapai 70 persen. Menurut Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini para siswa di SMK harus memiliki bekal yang cukup untuk bekal mereka menghadapi dunia kerja ketika lulus.

"Dari kedutaan Tiongkok menawarkan ada student student exchange dan pertukaran pelajar antar personal antar masyarakat bayangan saya itu sangat bagus. Sebelumnya model seperti ini banyak dilakukan oleh Australia seperti pengiriman sosial leader, ya mungkin nanti juga seperti itu bentuknya kerjasama dengan Jawa Timur," tandas Khofifah.

Kuasa Hukum Ahmad Dhani Sebut Saksi Ahli Tidak Kompeten, JPU Bakal Datangkan 2 Saksi Ahli Lagi

Dikunjungi Dubes Tiongkok, Gubernur Khofifah Minta Ditransfer Teknologi Mawar Tak Berduri ke Jatim

Adanya tawaran kerjasama dengan pemerintah Tiongkok melalui kedutaan besar Tiongkok di Indonesia dengan baik oleh rakyat sebab menurutnya hal ini dapat meningkatkan kualitas lulusan dari SMK di Jawa Timur.

"Karena saat ini pengangguran terbesar adalah lulusan SMK kedua lulusan SMA," ucapnya.

MoU terkait pendidikan vokasi Jawa Timur ini akan segera dilakukan di Jakarta. Khofifah berharap kerjasama ini akan meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Jawa Timur. (Fatimatuz zahroh/Tribunjatim.com)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved