Tanggal Peresmian Jembatan Brawijaya akan Sama dengan Jembatan Lama Kota Kediri

Sesuai rencana, peresmian Jembatan Brawijaya Kediri bakal memiliki tanggal dan bulan yang sama dengan peresmian Jembatan Lama Kota Kediri.

Tanggal Peresmian Jembatan Brawijaya akan Sama dengan Jembatan Lama Kota Kediri
SURYA/DIDIK MASHUDI
Jembatan Brawijaya Kota Kediri, Minggu (17/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sesuai rencana, peresmian Jembatan Brawijaya Kediri bakal memiliki tanggal dan bulan yang sama dengan peresmian Jembatan Lama Kota Kediri, yaitu pada 18 Maret.

Jembatan Brawijaya bakal diresmikan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar pada Senin (18/3/2019) mendatang.

Sedangkan Jembatan Lama yang dibangun Belanda telah diresmikan pada 18 Maret 1869.

Peresmian kedua jembatan tersebut terpaut waktu 150 tahun.

Ratusan Orang Mengikuti Rukyah Massal PWI Kediri dalam Rangka Peringatan Hari Pers Nasional 2019

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Kediri, Apip Permana menjelaskan, memang ada persamaan tanggal dan bulan peresmian antara Jembatan Brawijaya dengan Jembatan Lama.

"Peresmian bakal dimeriahkan pertunjukan tari kolosal yang digelar di Jembatan Lama serta pelepasan merpati putih," ungkap Apip Permana kepada TribunJatim.com, Minggu (17/3/2019).

Terkait dengan tanggal dan bulan peresmian kedua jembatan memang sengaja disamakan, sehingga saat jembatan baru diresmikan, Jembatan Lama sudah berusia 150 tahun.

Pemkot Blitar Alokasikan Anggaran Rp 1 Miliar untuk Seragam Baru Petugas Linmas

Pada acara peresmian, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar akan menandatangani dua prasasti peresmian, yakni peresmian Jembatan Brawijaya dan prasasti Jembatan Lama sebagai bangunan Cagar Budaya.

Jembatan Lama dirancang oleh insinyur Sytze Westerbaan Muurling.

Jembatan Lama Kota Kediri yang dibangun Belanda mulai dibuka pada 18 Maret 1869. Potret ini diambil pada Minggu (17/3/2019).
Jembatan Lama Kota Kediri yang dibangun Belanda mulai dibuka pada 18 Maret 1869. Potret ini diambil pada Minggu (17/3/2019). (SURYA/DIDIK MASHUDI)

Jembatan yang dibangun pemerintah kolonial Belanda ini merupakan jembatan dengan konstruksi besi pertama yang dibangun di Jawa.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved