Tol Paspro Diresmikan, Khofifah : Kurangi 60 Persen Kepadatan Jalan Pasuruan-Probolinggo

Jalan tol Pasuruan - Probolinggo seksi I, II dan III dari Grati hingga Leces resmi dioperasionalkan hari ini, Rabu (10/4/2019).

Tol Paspro Diresmikan, Khofifah : Kurangi 60 Persen Kepadatan Jalan Pasuruan-Probolinggo
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan langsung jalan sepanjang 31,3 kilometer tersebut seksi I, II, III, di gerbang tol Parobolinggo Timur, Rabu (10/4/2019). Fatimatuz zahroh. 

 TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Jalan tol Pasuruan - Probolinggo seksi I, II dan III dari Grati hingga Leces resmi dioperasionalkan hari ini, Rabu (10/4/2019).

Presiden Joko Widodo bersama jajaran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan langsung jalan sepanjang 31,3 kilometer tersebut.

Dengan diresmikannya jalan tol Pasuruan - Probolinggo ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut jalan tol ini akan banyak mengurangi kepadatan di ruas jalan nasionl yang menghubungkan Pasuruan - Probolinggo.

"Dengan diresmikannya tol Pasuruan - Probolingo I, II, III sepanjang 31,3 kilometer, ini akan mengurangi 50 hingga 60 persen kepadaran di jalan nasional Pasuruan - Probolinggo jika hari ini mulai dioperasionalkan," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, Khofifah mengatakan jalan tol yang kini juga sedang dikebut proses pembebasan lahannya untuk seksi IV, bakal mendatangkan manfaat untuk akses pariwisata di Jawa Timur, khususnya ke wisata Bromo.

"Kita butuhkan 13,7 kilometer lagi untuk melanjutkan seksi IV dari Probolinggo Timur di Leces hingga Gending. Ini akan semakin membantu akses wisata ke Bromo dan Semeru yang sudah ditetapkan presiden sebagai kawasan pariwisata nasional," tegas Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Pagi ini Presiden Jokowi Resmikan Tol Pasuruan Probolinggo Grati - Leces

Pemain Arema FC Libur Sehari Sebelum Hadapi Persebaya Pada Leg 2

Pengeroyokan Audrey Siswi SMP Dikecam Hotman Paris dan Nikita Mirzani, Beri Dukungan ke Korban

Tidak hanya itu, Khofifah juga optimis, bahwa jalan tol yang baru diresmikan ini juga yang amasih akan dibangun bakal memberikan banyak manfaat untuk akses logistik di Jawa Timur.

Sebagaimana ada tanjung tembaga yang biasanya membutuhkan bongkar muat di kawasan Probolinggo dan Bondowoso.

"Jika tol Pandaan yang saat ini sudah siap operasional, maka akan membuka peluang untuk bongkar muat dari Malang. Sehingga pertumbuhan ekonomi akan luar biasa atas pembagunan infrastruktur ini," kata Khofifah.

"Kami masyarakat Jawa Timur insyalllah pandai mensyukuri nikmat Allah. Maka insyaallah akan dapat memanfaatkan infrastuktur ini dengan baik," pungkas Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved