Pemilu 2019

Dinkes Kota Malang Cek Kesehatan Petugas Penghitung Suara

Untuk menjaga kondisi kesehatan petugas PPS dan PPK, KPU Kota Malang berkoordinasi dengan Pemkot Malang.

Dinkes Kota Malang Cek Kesehatan Petugas Penghitung Suara
Benni Indo/Surya
Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan pemeriksaan kepada petugas yang mengawal proses penghitungan suara di tingkat kecamatan. 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Untuk menjaga kondisi kesehatan petugas PPS dan PPK, KPU Kota Malang berkoordinasi dengan Pemkot Malang.

Dinas Kesehatan Kota Malang pun menerjunkan petugas kesehatan untuk memantau kondisi petugas yang saat ini tengah melakukan penghitungan suara di tingkat kecamatan.

"Hasil koordinasi dengan Pemkot Malang kemarin, memerintahkan Kadinkes untuk menginstruksikan Puskesmas melakukan pengecekan kesehatan petugas yang melaksanakan proses rekapitulasi di setiap PPK, hari ini insya Allah sudah dilakukan," ujar Komisioner KPU Kota Malang, Ashari Husen, Senin (22/4/2019).

Dikatakan Ashari, petugas melakukan cek tensi darah dan memberikan vitamin kepada petugas.

"Ini sebagai motivasi baru kepada petugas yang rekapitulasi agar mampu menjaga kesehatan," katanya kepada Tribunjatim.com.

Ashari mengatakan, memang ada petugas yang mengalami kelelahan. Mereka sebagian besar karena kelelahan. Petugas PPS telah bekerja keras sebelum hari pencoblosan sampai selesainya pencoblosan.

Sekadar gambaran, sehari sebelum pencoblosan, petugas PPS sudah memasang tenda untuk pencoblosan. Kegiatan itu bisa berlangsung sampai tengah malam.

Pada tanggal 17 April, petugas sudah harus standby di lokasi sejak pukul 6.00 wib. Kegiatan masih terus berlangsung hingga penghitungan suara yang juga berlangsung sampai malam hari.

Kemudian mereka harus mendistribusikan surat suara ke kecamatan untuk kemudian dihitung kembali sesuai data lembar C1.

Istrinya, Erin Taulany Dilaporkan Hina Prabowo, Andre Sekeluarga Pergi, Malah Sule Kena Getahnya

Amien Rais Wacanakan People Power, Pemuda Pancasila Surabaya Siap Jadi Tameng Utama

Hadapi Laga Liga 1 di Bulan Ramadan, Pelatih Persebaya Surabaya Siapkan Skema Pola Latihan Khusus

"Yang bekerja mulai 17 April itu informasinya alami kelelahan fisik, ada juga petugas TPS," katanya kepada Tribunjatim.com.

Dijelaskan Ashari, proses rekapitulasi sudah mendekati 25 persen di setiap wilayah saat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari menjelaskan, bahwa sejak tanggal 17 sudah disiapkan di setiap kecamatan.

"Mengingat banyak kejadian gangguan kesehatan pada petugas pemilu. Ini juga himbauan dari wali kota, wakil walikota dan sekda maka mulai kemarin Dinas Kesehatan siaga di lima kecamatan," katanya.

"Prinsipnya kita siaga agar dapat memberikan pertolongan saat terjadi gangguan kesehatan," tegas Asih. (Benni Indo/Sugiyono).

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved