Tukang Kayu dan Petani Tebu di Malang Kompak Konsumsi Sabu, Berdalih untuk Penambah Semangat Kerja

Umar Hasan (32) petani tebu asal Desa Ringinkembar, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang kompak mengonsumsi sabu-sabu

Tukang Kayu dan Petani Tebu di Malang Kompak Konsumsi Sabu, Berdalih untuk Penambah Semangat Kerja
SURYA.CO.ID/ERWIN WICAKSONO
Kedua tersangka kasus sabu-sabu tertunduk lesu saat ditanyai oleh Kaur Bin Operasi (KBO) Satresnarkoba Polres Malang, Iptu Suryadi di Polres Malang, Rabu (7/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Umar Hasan (32) petani tebu asal Desa Ringinkembar, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang kompak mengonsumsi sabu-sabu bersama temannya Muhammad Munir (33) warga Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Dua sekawan ini saling bertukar informasi untuk dapat memperoleh sabu-sabu. Tersangka Muhammad Munir mengaku  mengonsumsi sabu sejak tahun 2006. Sempat berhenti beberapa tahun, hingga akhirnya pada bulan Juli 2019, ada niatan dari benaknya untuk mengonsumsi barang haram tersebut kembali.

"Saya dapat barang dari Hasan (tersangka). Kami pesan dari temannya Hasan dan patungan belinya.

Harga satu poket sabu Rp 400 ribu," ujar pria yang berprofesi sebagai tukang kayu glondongan itu, kepada penyidik Satresnarkoba Polres Malang, Rabu (7/8/2019).

Antisipasi Anthrax pada Hewan Kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Malang Gelar Pemeriksaan

PT Jasa Marga Terapkan Aturan Kecepatan, Ngebut di Tol Pandaan-Malang Bisa Keciduk Speed Gun, Awas!

Munir mengaku alasan mengonsumsi sabu karena sudah kecanduan. Sedangkan tersangka Hasan menerangkan, sabu ia butuhkan karena pada saat  berprofesi sebagai petani tebu membutuhkan stamina.

Apalagi saat ini memasuki musim masa panen tebu.

"Saya dapat dari teman saya di Sumbermanjing Wetan. Mulai kecanduan sabu sejak 3 bulan lalu. Dulu gak konsumsi sabu sering capek kerja," jelas Hasan.

Kini, keduanya hanya bisa pasrah digelandang oleh jajaran Satreskoba Polres Malang karena kasus narkoba. Mereka ditangkap polisi berawal dari informasi masyarakat, Minggu (14/7/2019).

"Munir kami tangkap lebih dahulu di rumahnya. Ia mengaku dapat sabu dari Hasan. Sedangkan teman Hasan yang berinisial J masih dalam pengejaran oleh petugas," beber Kaur Bin Operasi (KBO) Satresnarkoba Polres Malang, Iptu Suryadi ketika dikonfirmasi.

Suryadi menambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan petugas adalah tiga poket sabu-sabu dan dua buah handphone merk Nokia dan Polytron.

"Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Selanjutnya masih kami lakukan pengembangan atas kasus ini," jelas Suryadi. 

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved