Gubernur Jatim Khofifah Rencanakan Ekspansi Ekspor Hasil Laut Sendhang Biru ke Republik Belarus

Pemprov Jatim menjajaki kerjasama dengan Republik Belarus, Eropa Timur, untuk bisa mengekspor produk laut utamanya.

Gubernur Jatim Khofifah Rencanakan Ekspansi Ekspor Hasil Laut Sendhang Biru ke Republik Belarus
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan Duta Besar Republik Belarus, H. E. Valery Kolesnik di Gedung Negara Grahadi, Senin (13/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menjajaki kerjasama dengan Republik Belarus, Eropa Timur, untuk bisa mengekspor produk laut utamanya dari Sendhang Biru Kabupaten Malang.

Penjajakan itu dilakukan saat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan Duta Besar Republik Belarus, H. E. Valery Kolesnik, Senin (12/8/2019).

Dikatakan Khofifah ekspansi ekspor hasil laut ke Republik Belarus sangat potensial. Ini lantaran negara tersebut secara geografis tidak memiliki wilayah laut.

Lebih dari 100 Ijazah Lulusan S3 UM Ditahan Karena Belum Menulis Karya Ilmiah Terindeks Scopus

Sehingga jika Jawa Timur menyuplai kebutuhan hasil laut ke Belarus maka hal tersebut akan menjadi peluang yang menjanjikan.

"Republik Belarus tidak memiliki wilayah laut. Sehingga mereka tertarik kerjasama di sektor hasil laut maupun olahannya terutama adalah tuna dan salmon," kata Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki potensi besar untuk dapat menyuplai tuna ke Belarus, karena di Malang Selatan tepatnya di Sendang Biru termasuk penyuplai ikan tuna terbesar di Indonesia.

"Bagaimana kalau Belarus ambil ikan tuna dari Sendang Biru. Pengolahan bisa dilakukan di areal Surabaya Industial Estate Rungkut (SIER) sehingga dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak," kata Khofifah.

Sutiaji Sambut Siswa-Siswi Berprestasi yang Harumkan Nama Kota Malang di Kancah Internasional

Khofifah menambahkan, untuk industri pengolahan hasil laut, Jawa Timur memiliki perusahaan pengolahan yang cukup advance. Salah satunya berada di Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Lebih dari itu, di SIER masih tersedia beberapa area yang siap untuk digunakan industri pengolahan termasuk olahan ikan.

"Jadi kalau Belarus mau berinvestasi dalam waktu dekat bisa ke SIER," tegasnya.

Pada kesempatan itu, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini tidak lupa mempromosikan titik-titik wisata potensial yang ada di Jawa Timur. Seperti potensi wisata Kawah Ijen dan juga Gunung Bromo.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved