Penasaran Wali Kota Batu Saat Diberi Saran Megawati Tanam Tanaman Anti Api, Bakal Ditanam di Gunung

Penasaran Wali Kota Batu Saat Diberi Saran Megawati Tanam Tanaman Anti Api, Bakal Ditanam di Gunung Arjuna & Panderman.

Penasaran Wali Kota Batu Saat Diberi Saran Megawati Tanam Tanaman Anti Api, Bakal Ditanam di Gunung
Benni Indo/Surya
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi saat memimpin rapat penanganan kebakaran hutan Gunung Arjuno di Balaikota Among Tani, Senin (5/8/2019). 

Penasaran Wali Kota Batu Saat Diberi Saran Megawati Tanam Tanaman Anti Api, Bakal Ditanam di Gunung

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mendapat saran dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar menanam bibit tanaman tertentu yang daunnya bisa mematikan api saat terbakar.

Hal itu diceritakan Dewanti kepada para jurnalis saat ditanya penanganan pasca terjadinya kebakaran di Gunung Arjuna dan Panderman beberapa waktu lalu.

Urai Kemacetan. Pemkot Batu Usul Tiga Jalan Baru

Calon Pensiunan Anggota DPRD Kota Batu akan Dapat Pesangon, Ini Jumlahnya

Peringati HUT Arema ke-32, Aremania Bentangkan Bendera Raksasa di Kota Batu

Diceritakan Dewanti, saat dirinya menjemput Megawati di Bandara Juanda, Dewanti tak mengenakan seragam kedinasan.

Dewanti pun menjelaskan kepada Megawati kalau dia baru saja melakukan koordinasi penanganan kebakaran hutan dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

Mendengar hal itu, Megawati pun menceritakan adanya tanaman jenis tertentu yang ketika terbakar bisa mematikan nyala api.

Namun sayangnya, kata Dewanti, Megawati tidak merinci jelas apa jenis tanaman yang dimaksud.

“Ini saya sedang minta kepada pak Sugeng Pramono (Kepala Dinas Pertanian Kota Batu) untuk mencari informasi tanaman apa. Agar itu yang bisa kami tanaman. Karena memang ciri khasnya gunung di kawasan Kota Batu itu sering terbakar saat kemarau,” kata Dewanti.

Rencananya, Pemkot Batu akan melakukan penanaman bibit di lahan terbakar saat musim hujan. Dewanti mengatakan sudah berkoordinasi dengan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, dan TNI menyiapkan pasukan untuk naik ke atas.

“Kemarin saya bicara dengan Pangdam, beliau siap menyiapkan pasukannya untuk naik ke atas. Kita nanti tunggu musim hujan,” ujarnya.

Pemkot Batu akan menyiapkan bibit dan logistik konsumsi. Dewanti mengatakan, penanaman mungkin dilakukan pada Desember atau Januari tahun depan.

Penulis: Benni Indo
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved