Mobil Data Cerdas Unusa Disebut Jadi Pembelajaran Mahasiswa Olah Data, Sekaligus Hadapi Industri 4.0

Unusa bekerja sama dengan Cybertrend Data Academy dan Indosat Ooredoo mengembangkan Mobil Data Cerdas untuk mengolah data.

Mobil Data Cerdas Unusa Disebut Jadi Pembelajaran Mahasiswa Olah Data, Sekaligus Hadapi Industri 4.0
ISTIMEWA
Ketua Yayasan RSI Surabaya Prof Mohammad Nuh bersama Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie dan A Aziez Bahalwan Co-founder PT Cybertrend Intrabuana saat launching Mobil Data Cerdas Unusa. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Unusa bekerja sama dengan Cybertrend Data Academy dan Indosat Ooredoo untuk mengembangkan Mobil Data Cerdas dan pengolahan data.

Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya Prof Mohammad Nuh mengatakan, adanya Mobil Data Cerdas menjadi bagian dari pembelajaran dan pelatihan pengolahan data kepada para mahasiswa.

"Apa saja yang sekarang berkembang akarnya dari data yang diolah menjadi informasi kemudian mencari keterkaitan. Mobil itu mencari data apa saja yang dilewati, bisa semua di dapatkan sehingga menjadi big data. Kami ingin membangun tradisi mengolah data, berpengetahuan dan membangun masyarakat Indonesia khususnya Unusa," kata Prof Mohammad Nuh di Unusa, di Unusa, Kamis (15/8/2019).

Unusa Luncurkan Mobil Data Cerdas, Bisa Deteksi Kualitas Udara hingga Kondisi Jalan Real Time

Rektor Unusa Prof Ahmad Jazidie mengatakan, kerja sama pengembangan Mobil Data Cerdas sebagai bagian dari komitmen Unusa menghadapi revolusi industri 4.0.

“Unusa berkomitmen untuk ikut dalam perkembangan industri 4.0, dimana data menjadi ujung tombak dalam berbagai bentuk pengambil keputusan, big data analytics, internet of thing antara lain menjadi syarat wajib didalam memasuki industri 4.0. Nah Unusa ikut didalamnya, terutama terkait dengan data-data kesehatan dan lingkungan yang makin dibutuhkan,” kata Rektor Unusa Prof Ahmad Jazidie.

Ide rancangan mobil data cerdas tersebut berawal dari pemanfaatan teknologi 5G (teknologi bergerak) yang ditawarkan operator selular.

Pemprov Jatim Gandeng Unusa Realisasikan Program OPOP, Libatkan SMK Berbasis Pondok Pesantren

Mobil Data Cerdas difungsikan sebagai perekam data kondisi lingkungan untuk diolah menjadi sebuah informasi pemetaan menyeluruh sebuah kawasan.

Dibanding dengan teknologi mobil street view, kata Jazidie, sensor yang digunakan pada mobil data cerdas ini akan mengambil data lebih banyak lagi.

Sementara Founder PT Cybertrend Intrabuana Nadia Alatas menjelaskan, data yang mobile menjadi lebih valid dan akurat karena mobil data cerdas bisa melakukan pengambilan data yang tidak bisa dilakukan oleh manusia secara terus menerus dan konsisten.

3 Mahasiswa UNUSA Ubah Daun Kemangi Jadi Antibiotik Alami, Efektif Bisa Hambat Penyebab ISPA

"Dari pengolahan data nanti bisa di ketahui, misalnya sebuah kawasan sekolah mengapa tingkat polusinya justru tinggi. Bisa jadi polusi tersebut tidak dari kendaraan bermotor, tapi dari asap pabrik di kawasan tersebut. Dari perekaman kamera bisa diketahui apakah ada areal ruang terbuka atau tidak, sehingga bisa segera dicarikan solusi untuk penamanan pohon hijau, dan seterusnya. Begitu pula dari sensor getaran, akan diketahui kondisi jalan, apakah datar atau berlubang," papar dia.

Nantinya, Mobil Data Cerdas ini akan dikelola para mahasiswa Unusa sebagai pemetaan data yang diharapkan dapat membantu pemerintah mewujudkan smart city.

Mahasiswa Unusa Surabaya Ciptakan Tas Timbangan S-Bag, Bisa Ukur Jumlah Beban yang Masuk dalam Tas

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved