Bermula Bikin Scrapbook Buat Pacar, Levia Wanita Asal Malang ini Moncer di Bisnis Kreatif

Levia Indaka,21, perempuan asal Malang ini dikenal lewat bisnis kreatifnya berupa kerajinan tangan pembuatan scrapbook dengan bendera Indaka Scrapbook

Bermula Bikin Scrapbook Buat Pacar, Levia Wanita Asal Malang ini Moncer di Bisnis Kreatif
Sylvianita widyawati/surya
Levia Indaka asal malang dengan contoh karya scrapbook nya 

TRIBUNJATIM.CO, MALANG - Levia Indaka,21, perempuan asal Malang ini dikenal lewat bisnis kreatifnya berupa kerajinan tangan pembuatan scrapbook dengan bendera Indaka Scrapbook.

Ditemui suryamalang.com di rumah produksinya pekan lalu, ia menceritakan usahanya diawali dari membuat scrapbook buat sang pacar pada 2016. Kini usahanya berkembang dan sudah memiliki 12 pekerja.

"Waktu itu, saya bikin kado buat anniversary karena gak punya uang. Setelah itu ternyata banyak teman-teman saya yang suka," cerita Inda mengawali perbincangan.

Saat itu ia masih akan lulus SMA. Ia juga tidak punya keterampilan itu. Namun belajar otodidak di youtube dan artikel-artikel. Karena banyak temannya yang suka karyanya, maka ia memutuskan menggeluti bisnis itu. Selain mengerjakan pesanan teman juga dijual di online.

Kini kerajinan tangan itu tak hanya di scrapbook tapi juga berkembang di lainnya. Tak hanya dalam bentuk buku. Tapi juga media kotak, lampu, pigura dll.

Ia juga menggarap segmen khusus untuk perkawinan. Dua pasar produknya yaitu untuk remaja/anak muda. Sedang produk untuk perkawinan untuk dewasa. Dikatakan Indaka, ia sekarang fokus di pengembangan produk dan pasar.

Hadapi PSIS Semarang, Ujian Persebaya Lanjutkan Trend Positif

Mantan Kabid Dispora Pasuruan Ditahan, LW Mulai Ikuti Senam di Rutan Bangil

DAFTAR Pengakuan Imam Nahrawi Pasca Jadi Tersangka: Pamit dari Kemenpora hingga Bantah Tudingan KPK

Untuk produksi ditangani karyawannya. Selain itu juga ada pekerja yang khusus menangani CS (customer service) dan marketing. Untuk mendapatkan pekerja, awalnya ya dari teman sendiri dan kemudian merekrut lewat lowongan pekerjaan. Untuk pekerjanya biasanya punya dasar di kriya dan desain.

Untuk harganya antara Rp 70.000 sampai Rp 700.000. Sedang untuk produk pernikahan seperti mahar mulai Rp 300.000 sampai Rp 3 juta. Sedang penjualan per bulan bisa mencapai 500-700 item.

Sedang untuk pemesanan, biasanya buat wisuda, ulang tahun. Ada juga untuk media pembelajaran dengan memesan scrapbook. Ia menunjukkan salah satu scrapbook sebagai media pembelajaran dan ada juga yang buat skripsi. Biasanya pemesan sudah menyiapkan gambar-gambar tertentu untuk itu. Tapi ada juga yang mencari sendiri. Dikatakan, sejauh ini customer tak rewel.

"Paling request warna," kata cewek yang baru saja menyelesaikan kuliah di FIA Universitas Brawijaya Malang ini.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved