Breaking News:

Pendakian Kawah Ijen Ditutup, BPPD Banyuwangi Cegah Kebakaran Meluas

Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen di Kabupaten Banyuwangi masih dinyatakan tertutup untuk kunjungan maupun pendakian menyusul

istimewa
Anggota BPBD Banyuwnagi berusaha meminimalisir agar api tak meluas 

 TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen di Kabupaten Banyuwangi masih dinyatakan tertutup untuk kunjungan maupun pendakian menyusul terjadinya kebakaran di Gunung Ranti yang berada di kawasan Gunung Ijen.

“Penutupan pendakian Gunung Ijen kami lakukan mulai di kawasan rest area Jambu,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram, Minggu (20/10/2019).

Eka mengatakan, pemkab mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk melakukan penyemprotan di sejumlah titik.

"Sejumlah jalur kami siram air agar kebakaran tidak merembet. Fungsinya memang untuk membasahi, agar tidak meluas. Untuk melokalisasi kebakaran yang terjadi," papar Eka kepada Tribunjatim.com.

Eka mengatakan, karena angin kencang, kebakaran tak hanya terjadi di Gunung Ranti saja, tapi juga kawasan hutan Merapi Ungup-ungup. “Ini akibat badai angin kencang, sehingga kebakaran juga muncul di sana," kata Eka.

Untuk diketahui, Gunung Ranti yang lokasinya bersebelahan dengan Gunung Ijen di wilayah Banyuwangi terbakar pada Sabtu petang (19/10/2019). Kebakaran terjadi di jalur pendakian Gunung Ranti sisi sebelah barat, sehingga terlihat jelas dari Kawasan Rest Area Gunung Ranti maupun Paltuding.

Korban Penamparan Motivator di Malang Masih Trauma

Lagi Asyik Ngopi, Seorang Remaja Diserang Sekelompok Orang, Polisi Ringkus Pelakunya

Mau Cari Pelarisan Malah Digerayangi Dukun, Gadis di Tulungagung Ini Lapor Polisi

"Angin kencangnya memang tidak terus-terusan ada, tapi datang pergi. Tapi kencang sekali eembusannya, banyak pohon tumbang karenanya. Ini membahayakan. Pedagang di area Gunung Ranti dan Paltuding sudah kami ajak meninggalkan lokasi," jelas Eka kepada Tribunjatim.com.

Eka menambahkan, Tim SAR gabungan juga sudah berhasil menemukan 4 orang pendaki yang terjebak di Gunung Ranti saat terjadi kebakaran hutan. Mereka telah dievakuasi turun ke areal parkir.

Keempat orang pendaki terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki asal Jember dan Malang. Mereka adalah Lisa Milyan (19) asal Jember dan Thayib Hidayat (20) dari Malang. Selain itu ada pula Azzamylah (20) dan Fajar (20) berasal dari Jember.

"Tadi sore sudah turun dengan selamat. Hari ini juga kami serahkan ke keluarganya," jelas Eka. (Haorrahman/Tribunjatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved