Pencari Burung Yang Terjebak Api di Gunung Argopura Ditemukan Selamat

Rudi alias Pak Vita (30), seorang pencari burung asal Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk, Jember berhasil diselamatkan.

Pencari Burung Yang Terjebak Api di Gunung Argopura Ditemukan Selamat
istimewa
Assesment orang terjebak api di Gunung Tengah Maesan 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Rudi alias Pak Vita (30), seorang pencari burung asal Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk, Jember berhasil diselamatkan.

Lelaki itu terjebak kebakaran hutan saat mencari burung di kawasan hutan Dataran Tinggi Hyang Argopuro di sekitar Gunung Tengah Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

Terjebaknya Rudi di kebakaran hutan setelah dia memberitahu Babinsa Desa Sucopangepok kalau dirinya terjebak dan tidak bisa pulang pada Senin (21/10/2019) pagi. Peristiwa itu dilaporkan ke Polsek Sucopangepok dan diteruskan ke Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

Rudi masih bisa berkomunikasi karena membawa ponsel. Namun dia tidak bisa pulang karena jalur yang dia lewati dilingkupi kebakaran.

Akhirnya sejak Senin (21/10/2019) sore, pencarian dilakukan. Sekitar Senin (21/10/2019) sekitar pukul 23.00 Wib, pihak Pusdalop BPBD Jember mendapatkan laporan jika Rudi sudah berhasil dievakuasi.

"Berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Namun wajahnya terlihat gosong, mungkin karena terik matahari dan sengatan panas akibat di sekitarnya hutan terbakar," ujar Kapolsek Jelbuk AKP Sucahyo kepada Tribunjatim.com, Selasa (22/10/2019).

Rudi kemudian dirawat di Puskesmas Jelbuk.

Kebakaran Hutan Ijen, Bupati Banyuwangi Anas Minta Bantuan Helikopter Pengeboman Air

Kebakaran Hutan dan Lahan di Sekitar Jember, Warga Mulai Rasakan Guyuran Hujan Abu Hitam

Seperti ditulis Surya, pencari burung itu disebutkan berangkat mencari burung sejak Sabtu (19/10/2019). Dia membawa perbekalan pencarian burung, juga ponsel dan alat penambah daya (power bank) untuk ponselnya.

Dia mencari burung di seputaran Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Hyang Argopuro. Dia masuk kawasan itu melalui Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kecamatan Maesan, Bondowoso.

Pada Senin (21/10/2019), dia yang hendak pulang malah menemukan jalurnya terbakar. Beberapa titik dia temukan terbakar. Akhirnya dia tidak bisa pulang. Rudi memberitahu Babinsa melalui ponselnya pada pukul 09.00 Wib. Pukul 12.00 Wib, dia kembali menelepon Babinsa dan meminta pertolongan.

Pukul 15.00 Wib, peristiwa itu dilaporkan ke Pusdalop BPBD Jember. Sejak sore itu, pencarian dilakukan. Pukul 23.00 Wib, Rudi berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved