Komplotan Pembobol Uang Nasabah Bank Bojonogoro Diringkus Polisi, Buntuti Korban sampai Lempar Busi 

Komplotan pembobol uang nasabah bank di Bojonegoro berhasil diringkus polisi. Modusnya dengan membuntuti korban sampai lempar busi.

Dok.Humas Polres Bojonegoro
Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli saat menunjukkan barang bukti yang digunakan komplotan pelaku pembobol uang nasabah bank. 

TRIBUNBOJONEGORO.COM, BOJONEGORO - Anggota Satreskrim Polres Bojonegoro melumpuhkan komplotan pembobol pencurian uang nasabah bank.

Dua dari empat pelaku terpaksa dilumpuhkan karena melawan, sedangkan dua lainnya melarikan diri hingga akhirnya ditetapkan daftar pencarian orang (DPO).

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli mengatakan, identitas keempat pelaku yaitu Erwin (37), Ahmad Hanafi (45), Husen (45), dan Sofyan (25), warga Sumatera Selatan.

Gadis Jember Tewas Gantung Diri Dalam Kamar Terikat Kain Kerudung, Baru Saja Tunangan 2 Hari Lalu

Mereka melakukan aksinya pada 5 November lalu, untuk korbannya adalah Dian Bagus (30), warga Bojonegoro yang tak lain merupakan nasabah bank.

Seusai membobol uang nasabah senilai Rp 170 juta yang di simpan di dalam mobil, keempat pelaku langsung kabur ke Surabaya menginap di salah satu hotel.

"Saat akan ditangkap kedua pelaku melawan, hingga akhirnya kita tembak. Dua lainnya kabur kita tetapkan DPO," ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Perwira menengah itu menjelaskan, untuk yang ditembak kakinya yaitu Erwin dan Ahmad Hanafi yang keduanya ini residivis, sedangkan Husen dan Sofyan melarikan diri.

TERUNGKAP Sopir Bus Tewas Mendadak Bawa Penumpang di Surabaya, Alami 3 Gejala Saat Meregang Nyawa

Dalam modusnya, keempat pelaku tersebut membagi peran masing-masing dengan mengendarai sepeda motor secara berboncengan. 

Untuk Erwin sebagai Joki, Ahmad Hanafi sebagai pengintai, Husen sebagai Joki, dan Sofyan sebagai Eksekutor, yang memecah kaca mobil menggunakan busi lalu mengambil uangnya.

Ahmad Hanafi punya peran informan, dia masuk bank lalu melihat nasabah yang mengambil uang dalam jumlah banyak.

Setelah nasabah keluar lalu dibuntuti, saat mobilnya parkir di suatu tempat ditinggal pemiliknya, komplotan tersebut melakukan aksinya.

Ditinggal Istrinya Jual Sayur, Kakek Bojonegoro 5 Kali Cabuli Gadis di Bawah Umur, Imingi Uang Jajan

"Kaca mobil dipecah dengan dilempar busi, setelah itu uangnya diambil eksekutor yaitu Sofyan. Uang lalu dibagi, Erwin, Ahmad, Husein masing Rp 40 juta, sedangkan Sofyan Rp 50 juta," pungkasnya.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, uang tunai Rp 900.000 dari tangan pelaku, lalu ada kunci T dan handphone.

Atas perbuatan tersebut, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara. (Surya/M Sudarsono)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved