Mulai Januari, Aset dan Terminal Jombang Dikelola Pemprov

Dipastikan mulai 1 Januari 2020 mendatang, aset dan pengelolaan Terminal Kepuhsari Jombang akan dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

TRIBUNJATIM/SUTONO
Angkudes di Terminal Kepuhsari di Jombang. 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Dipastikan mulai 1 Januari 2020 mendatang, aset dan pengelolaan Terminal Kepuhsari Jombang akan dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Kepastian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jombang, Hartono.

"Pengambilalihan ini sesuai dengan amanat UU No 23 Tahun 2014 (tentang Pemerintah Daerah)," ucapnya kepada surya.co.id, Senin (30/12/2019).

Namun diingat, tidak semua aset terminal Jombang bakal kelola Provinsi nantinya, melainkan hanya 1,3 Hektare. Sedangkan selebihnya, sambung Hartono, sebanyak 1,7 hektare tetap dikelola Pemkab Jombang.

"Kira-kira yang dikelola provinsi itu mulai dari pintu masuk terminal sampai pintu keluar. Meliputi 4 kios, ruang tunggu, toilet, tempat istirahat sopir, gudang, garasi mobil, dan 15 shelter," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Kepastian dikelolanya terminal Kepuhsari Jombang oleh pemerintah provinsi, dibuktikan dengan Berita Acara Penyelesaian Pengalihan Personel, Pendanaan, Sarana/Prasarana Dan Dokumen (P3D) Terminal Kepuhsari Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur.

Ahmad Dhani Bebas, Kejati Jatim Harap Masa Percobaan Suami Mulan Jameela Dipakai Sebaik-baiknya

Resmi, Anggota DPRD Jember Selidiki Kebijakan Bupati Jember Melalui Hak Angket

Pria 63 Tahun Masak Mie Instan Lupa Matikan Kompor, 3 Rumah Warga Gresik Ludes Terbakar

"Ada berita acaranya, di dalamnya salah satunya tertera rencana tanggal 1 Januari 2020 nanti pengelolaan Terminal Kepuhsari sudah menjadi kewenangan provinsi," jelasnya.

Sedangkan untuk petugas, nantinya juga dari provinsi. Ada 18 petugas, juga nanti bisa menyesuaikan kebutuhan. Sedangkan, petugas dari pemkab yang sudah ada, akan dialihkan ke terminal lain..

"Akan kami tugaskan ke Terminal Ploso, Mojoagung dan parkir khusus barang di Tunggorono," katanya kepada Tribunjatim.com.

Terkait penghasilan dari terminal, ia menyebut Pemkab Jombang tidak mendapat bagian atau pendapatan dari hasil pengelolaan tersebut. "Tapi kita dapat pendapatan dari sektor PBB," ungkapnya.(uto/sutono)
Tribunjatim.com)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved