Sharing Soal Inflasi, Perwakilan BI se-Indonesia Kunjungi Koperasi Peternak Ayam Petelur di Blitar

Sejumlah perwakilan Bank Indonesia (BI) se-Indonesia berkunjung ke Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar di Kecamatan Ponggok, Kabupaten

Sharing Soal Inflasi, Perwakilan BI se-Indonesia Kunjungi Koperasi Peternak Ayam Petelur di Blitar
istimewa
Perwakilan BI se-Indonesia saat melakukan kunjungan dan sharing pengendalian inflasi di Koperasi Putera Blitar, di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Selasa (28/1/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sejumlah perwakilan Bank Indonesia (BI) se-Indonesia berkunjung ke Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Selasa (28/1/2020).

Kunjungan mereka untuk sosialisasi mekanisme kerja sekaligus sharing terkait pengendalian inflasi daerah dengan pengurus koperasi yang menaungi para peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar.

Kedatangan rombongan perwakilan BI se-Indonesia disambut oleh Ketua Koperasi Putera Blitar, Sukarman dan
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati.

Ketua Koperasi Putera Blitar, Sukarman mengatakan kunjungan perwakilan BI se-Indonesia untuk melihat langsung pengelolaan koperasi peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar. Mereka juga ingin mengetahui jumlah produksi telur dari peternak di Kabupaten Blitar.

Alasan perwakilan BI berkunjung ke Blitar, karena Koperasi Putera Blitar dianggap sukses membantu menekan inflasi di DKI Jakarta. Hal itu, setelah Pemprov DKI Jakarta melakukan perjanjian kerja sama soal pasokan telur dengan Koperasi Putera Blitar.

Angga Saputra Resmi Jadi Milik Persebaya Surabaya, Abduh Lestaluhu Masih Abu-abu

"Kerja sama antara Koperasi Putera Blitar dan Pemprov DKI Jakarta terkait pasokan telur ternyata dianggap berhasil menekan angka inflasi di sana. Ternyata telur juga menyumbang angka inflasi lumayan tinggi. Makanya, seluruh perwakilan BI diajak berkunjung ke sini untuk melihat langsung kondisinya," kata Sukarman.

Dikatakan Sukarman, proses kerja sama antara Koperasi Putera Blitar dan Pemprov DKI Jakarta juga berkat campur tangan Perwakilan BI Kediri. Perwakilan BI Kediri yang menjembatani proses kerja sama tersebut.

Dengan adanya kunjungan itu, kata Sukarman, diharapkan Perwakilan BI di daerah lain bisa menjembatani pemerintah daerah untuk menjalin kerja sama terkait pasokan telur dengan Koperasi Putera Blitar.

"Proses kerja sama dijembatani BI langsung, pemerintah daerah bisa langsung datang ke peternak di Blitar lewat koperasi. Kerja sama ini untuk memotong rantai pemasaran yang panjang tanpa melalui broker," katanya.

Sukarman menjelaskan, produksi telur dari peternak di Kabupaten Blitar merupakan terbesar di Indonesia. Jumlah produksi telur mencapai 900 ton per hari dengan populasi ayam sekitar 21 juta ekor. Sedangkan jumlah peternaknya sekitar 4.421 peternak.

"Kami melihat sejumlah Perwakilan BI yang hadir tertarik untuk menjalin kerja sama. Kami juga bilang ke BI agar ikut membantu memasarkan telur dari peternak Blitar khususnya di Indonesia bagian timur," ujarnya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Blitar, Tuti Komaryati mengapresiasi kunjungan dari Perwakilan BI se-Indonesia ke Koperasi Putera Blitar. Dia berharap, Perwakilan BI dari daerah lain bisa menjalin kerja sama terkait pasokan telur dengan peternak di Kabupaten Blitar.

"Kunjungan ini merupakan langkah positif untuk memasarkan telur dari peternak Kabupaten Blitar. Kami berharap BI bisa menjembatani kerja sama soal pasokan telur antara koperasi peternak di Blitar dengan pemerintah daerah di Indonesia," katanya. (sha/adv/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved