Hari Ini Stasiun Gubeng dan Pasar Turi Terapkan Parkir Nontunai, Bayar Pakai Kartu Uang Elektronik

PT Reska Multi Usaha (RMU) resmi mengoperasikan pembayaran parkir di Stasiun dengan sistem non tunai yakni dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Hari Ini Stasiun Gubeng dan Pasar Turi Terapkan Parkir Nontunai, Bayar Pakai Kartu Uang Elektronik
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Meski masih bersifat sosialisasi, kebijakan pembayaran parkir dengan sistem non tunai di Surabaya yang mulai hari ini berlaku di Stasiun Gubeng Surabaya dan Pasar Turi nantinya akan berlaku juga di seluruh Stasiun yang ada di Jawa dan Sumatera, Senin (3/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sekaligus pengelola parkir di area stasiun, PT Reska Multi Usaha (RMU) resmi mengoperasikan pembayaran parkir di Stasiun dengan sistem non tunai yakni dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Sistem pembayaran parkir di stasiun dengan sistem non tunai sengaja dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Hanya saja, sistem pembayaran yang terbaru ini masih bersifat sosialisasi.

Plt. Director of Parking Bussiness PT RMU, Andika Tri Putranto mengatakan, mulai tanggal 3 Februari 2020 PT Reska Multi Usaha sudah memberlakuan pembayaran parkir di Stasiun dengan sistem non tunai di 5 Stasiun di Pulau Jawa.

"Meski masih bersifat sosialisai, mulai tanggal 3 Februari 2020 ini kami sudah memberlakuan pembayaran parkir di Stasiun dengan sistem non tunai di 5 Stasiun yang ada di Pulau Jawa, dua diantaranya termasuk di Surabaya yakni Stasiun Gubeng dan Pasar Turi Surabaya," kata Andika Tri Putranto di Stasiun Gubeng, Senin (3/1/2020).

Tergiur Upah Rp 200.000, Tukang Ojek Ponorogo Malah Kehilangan Motor di Pasar Ngemplak Tulungagung

Manajemen Arema FC Tunggu Kepastian Pemkab Malang Terkait Renovasi Stadion Kanjuruhan

Meski masih bersifat sosialisasi, kebijakan pembayaran parkir dengan sistem non tunai di Surabaya yang mulai hari ini berlaku di Stasiun Gubeng Surabaya dan Pasar Turi nantinya akan berlaku juga di seluruh Stasiun yang ada di Jawa dan Sumatera, Senin (3/1/2020).
Meski masih bersifat sosialisasi, kebijakan pembayaran parkir dengan sistem non tunai di Surabaya yang mulai hari ini berlaku di Stasiun Gubeng Surabaya dan Pasar Turi nantinya akan berlaku juga di seluruh Stasiun yang ada di Jawa dan Sumatera, Senin (3/1/2020). (TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH)

Siti Badriah Sebatas Artis yang Diundang, Sempat Ditawari Jadi Member Memiles Tapi Menolak, Mengapa?

Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bondowoso

Batik Air Jemput WNI di Wuhan, Seluruh Awak yang Bertugas Diberi Cairan Khusus, Cegah Virus Corona?

Dengan berlakunya sistem pembayaran parkir non tunai itu, maka Pembayaran dapat menggunakan Kartu Uang Elektronik dari beberapa bank yaitu E-Money (Mandiri), Flazz (BCA), TapCash (BNI), dan BRIZZI (BRI).

"Selama masa sosialisasi bagi pelanggan yang belum memiliki Kartu Uang Elektronik tidak perlu khawatir karena akan ada petugas dari bank yang akan berjaga di pintu masuk parkir pada 2 stasiun tersebut untuk membantu para pelanggaan Resparking yang membutuhkan Kartu Uang Elektronik," imbuhnya

Lantas apa tujuan dan alasan pemakaian atau perubahan sistem pembayaran parkir nont tunai?

Andika Tri Putranto mengatakan, tujuannya untuk mempermudah pengguna jasa layanan parkir di Stasiun.

“Jadi kami ingin mempermudah pengguna jasa kami, jadi nantinya penumpang tidak akan repot mencari karcis parkir saat akan keluar dan meminimalisir denda akibat
kehiangan karcis parkir. Hal ini juga sejalan dengan upaya kami untuk RMU Go Green dengan mengurangi penggunaan kertas untuk karcis parkir," jelas Andika Tri Putranto.

Misi Kemanusiaan Batik Air Jemput WNI di Wuhan dengan Penerbangan ID-8619 Sukses Terlaksana

Misi Kemanusiaan Jemput WNI di Wuhan: Batik Air akan Sterilkan Airbus 330-300CEO Sesuai Prosedur

Selain itu, pengoperasian Kartu Uang Elektronik ini juga berfungsi untuk menekan Human Error dari sisi salah perhitungan uang kembalian yang dapat terjadi karena pemotongan saldo telah menggunakan sistem, berkaca dari hal itu pula maka tidak menutup kemungkinan nantinya pengoperasian Kartu Uang Elektronik akan berlaku di seluruh Stasiun Jawa dan Sumatera.

Sekadar informasi, mulai hari ini sistem kebijakan sosialisasi parkir itu tidak hanya mulai terlaksana di dua Stasiun di Surabaya itu saja, namun juga diluar surabaya diantaranya adalah Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Kiaracondong.

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Elma Gloria Stevani

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved