Virus Corona di Batu

DPRD Batu Alihkan Anggaran untuk Penanganan Dampak Covid-19

DPRD Batu merencanakan pengalihan anggaran Rp 377 juta untuk penanganan dampak pandemi Covid-19 di Kota Batu.

SURYA/BENNI INDO
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya dan pimpinan DPRD Batu 

 TRIBUNJATIM.COM, BATU - DPRD Batu merencanakan pengalihan anggaran Rp 377 juta untuk penanganan dampak pandemi Covid-19 di Kota Batu.

Ketua DPRD Batu Asmadi menjelaskan, sebagian anggaran yang dialihkan itu diambil salah satunya dari anggaran kunjungan kerja dewan.

"Rp 377 juta pergeseran anggaran. Rincinya nanti akan kami sampaikan. Di antaranya memang kami ambil dari anggaran Kunker," kata Asmadi, Kamis (26/3/2020).

Pengalihan anggaran tersebut tengah dibahas internal di DPRD Batu. Asmadi belum bisa menjelaskan rinci akaj direalisasikan dalam bentuk apa nantinya.

Di sisi lain, Asmadi juga mengatakan kalau semua program di DPRD Batu tertunda. Wabah Covid-19 telahemberi dampak yang signifikan terhadap kinerja anggota dewan.

"Semua program DPRD Batu terkendala, agenda paripurna juga tertunda," kata Asmadi kepada TribunJatim.com.

VIRAL TERPOPULER: Pengakuan Sedih Via Vallen Permak Wajah hingga Jawaban Adem Quraish Soal Corona

BERITA TERPOPULER JATIM: Penggali Kubur Takut Makamkan Pasien Covid-19 hingga Karyawan Ketipu Masker

7 FAKTA Mencengangkan Pria Asal Lamongan Cabuli 6 Siswa di Tuban: Dipicu Dendam & Modus Iming-iming

Meski begitu, DPRD Batu bersama Pemkot Batu tengah merumuskan kebijakan sementara agar program-program yang telah tersusun bisa dijalankan.

Menurut Asmadi, program-program yang telah disusun harus dilaksanakan karena berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Jika terkendala, maka juga akan berdampak pada masyarakat sendiri.

"Diupayakan tetap jalan dan ini sedang mencari teknis yang aman. Kemarin sampai sekrang kami bersama OPD terkait sedang mencari solusi," katanya kepada TribunJatim.com.

Seharusnya, dalam waktu dekat ini ada paripurna laporan pertanggungjawaban Wali Kota Batu. Namun karena kondisi tidak memungkinkan, jadwalnya pun diundur hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Diundur sampai menunggu situasi dan kondisi. Kalau memang tidak cepat reda ya kami lakukan melalui teleconference," terangnya kepada TribunJatim.com.

Saat ini, Asmadi telah melarang adanya kunjungan kerja keluar kota, termasuk larangan menerima kunjungan dari luar kota.

Sebelumnya, lebih dari separoh anggota DPRD Batu melakukan kunjungan kerja keluar kota. Setelah pulang ke Batu, mereka menjalani tes kesehatan dan harus menjalani isolasi mandiri.

"Kondisinya teman-teman sehat, hanya sementara waktu isolasi diri. Saat ini sudah tidak boleh lagi ada kunjungan kerja, termasuk tidak boleh lagi ada kunjungan keluar," tegas politisi PDI Perjuangan ini. (Benni Indo/Tribunjatim.com).

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved