Virus Corona di Gresik

Ada Pasien Positif Asal Duduksampeyan Gresik, Warga Mulai Jaga-jaga Cegah Perantau Masuk Desa

Warga di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik mulai meningkatkan kewaspadaan. Hal ini dilakukan setelah satu warga Kecamatan Duduksampeyan

Willy Abraham/Tribunjatim
Pemuda desa paksa pengendara yang masuk desa dengan membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan semprot disinfektan, Kamis (2/4/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Warga di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik mulai meningkatkan kewaspadaan. Hal ini dilakukan setelah satu warga Kecamatan Duduksampeyan terkonfirmasi Virus Corona atau Covid-19.

Tak heran jika warga di kecamatan tersebut kini banyak yang memperketat penjagaan di gerbang-gerbang masuk perkampungan. Salah satu desa yang menerapkan peraturan ketat adalah Desa Ambeng-ambeng Watangrejo.

Para pemuda desa meletakkan kursi, meja dan alat semprot seadanya di depan gerbang masuk desa. Mereka mengenakan masker untuk menyambut orang yang akan masuk desa.

Para warga dari luar yang akan masuk desa diminta berhenti. Para pemuda desa ini menyulap botol pewangi pakaian menjadi hand sanitizer. Alat untuk menyemprot burung diisi cairan disinfektan.

Para pengendara roda dua atau roda empat yang masuk desa akan diminta untuk membersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan hand sanitizer. Kemudian kendaraan mereka akan disemprot disinfektan itu.

Meski Positif Narkotika, Penghadang Mobil Bupati Tulungagung Dipastikan Bebas dari Jerat Hukum

VIRAL Nenek Jalan Kaki 4,5 Jam Demi Datangi Suami Positif Corona, Kota Dikarantina, Lihat Endingnya

Rincian Insentif Gaji Peserta Kartu Pra Kerja, Berikut Link Daftar Onlinenya, Cek di Sini!

Menurut Tamam, salah satu tokoh Karang Taruna Dusun Ambeng-ambeng hal itu wajib dilakukan sebagai upaya melindungi warga dari Covid-19.

"Siapa yang masuk ke kampung wajib lapor. Ini sesuai protokol dari Pemerintah Desa (Pemdes) dalam melakukan pencegahan Virus Corona," ujar Tamam kepada Tribunjatim.com, Kamis (2/4/2020).

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan keliling kampung dan ke rumah-rumah warga. Hal ini sebagai langkah antisipasi. Agar warga di dalam gang lebih tenang.

Kepala Desa Ambeng-ambeng Fahruddin, mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh generasi muda di desanya. Menurutnya, ini sebagai bentuk kepedulian.

"Bentuk kepedulian terhadap kesehatan serta keamanan warga. Ini hal positif, patut diapresiasi. Dan atas nama pribadi dan pemerintah desa saya mengucapkan terima kasih," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved