Virus Corona di Trenggalek

Pasien Positif Corona Kedua di Trenggalek, Berada di Tulungagung Akan di Jemput ke Trenggalek

Satu lagi pasien positif Corona atau Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Bupati Trenggalek Muchamad Nur Arifin mengumumkannya, Minggu (26/4/2020) malam.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Bupati Trenggalek Muchamad Nur Arifin 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Satu lagi pasien positif Corona atau Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Bupati Trenggalek Muchamad Nur Arifin mengumumkannya, Minggu (26/4/2020) malam.

Dengan tambahan itu, tercatat ada dua pasien positif corona di Trenggalek. Pasien pertama telah dinyatakan sembuh pada 21 April lalu.

“Terdapat satu pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Trenggalek, tepatnya di Kecamatan Durenan – yang selanjutnya kami sebut dengan pasien 02 Trenggalek,” kata Mas Ipin, sapaan akrab Bupati TRenggalek.

Pasien itu berjenis kelamin laki-laki dan berusia 57 tahun. Kata Mas Ipin, pasien punya riwayat perjalanan ke Surabaya pada 5 April.

Enam hari kemudian, atau 11 April, pasien merasa tak enak badan dan pulang dari Surabaya.

Lalu ia berobat ke salah satu fasilitas kesehatan swasta yang ada di Kabupaten Tulungagung. Di sana, ia menjalani rawat jalan.

Target Seminggu Tuntas, Karyawan Kerja Lembur Cetak Kartu Sahabat Untuk Kota kediri

Terkendala Dampak Pandemi Corona, Revitalisasi Pasar Sumbergempol Tulungagung Batal Dilakukan

Pra Pendaftaran PPDB SMA/SMK/PKLK Dibuka Hari Ini, Sekolah Bisa Mulai Isi Data Rapor, Cek Linknya

“Pada 12 April 2020, pasien 02 berobat ke RSUD dr Iskak Tulungagung, Jawa Timur kemudian menjalani perawatan dan dilakukan swab test,” sambungnya.

Pasien, kata Mas Ipin, dalam kondisi sehat saat ini. Sejak 16 April, ia sudah keluar dari rumah sakit.

“Akan tetapi dikarenakan menunggu hasil swab, pasien 02 sempat melakukan isolasi di Rusunawa Tulungagung. Kemudian karena sudah ada kepastian hasil swab dan pasien 02 merupakan penduduk berdomisili Trenggalek, maka akan kami lakukan penjemputan besok (red, hari ini) dari Tulungagung,” ungkapnya kepada TribunJatim.com.

Setelah itu, pasien akan menjalani isolasi di RSUD dr Soedomo Trenggalek. Pemkab juga meminta orang yang berkontak erat dengan pasien 02 untuk menjalani osolasi mandiri di rumah. Orang itu, yakni 4 anggota keluarga dan seorang sopir.

Pemkab juga telah me-rapid test orang yang berisiko tinggi itu. Hasilnya menunjukkan negatif Covid-19.

“Kami menetapkan kawasan displin physical distancing di lokasi sekitar titik isolasi mandiri OTG (Orang Tanpa Gejala) dan menunjuk "penghubung khusus" guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari OTG pasien 02 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona physical distancing,” ujarnya.

Pemkab Trenggalek belum dapat memastikan pasien 02 terpapar corona dari klaster mana. Hasil penelusuran, kata Mas Ipin, belum mampu mengidentifikasi secara pasti. (aflahulabidin/Tribunjatim.com)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved