PSBB Malang Raya

ALASAN Tiga Kepala Daerah di Malang Raya Kompak Ajukan PSBB, Jumlah Positif Corona Naik & Dampaknya

Tiga Pemerintah daerah di Malang Raya sepakat mengajukan usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa (28/4/2020) malam.

TRIBUNJATIM.COM/ERWIN WICAKSONO
Suasana rapat koordinasi membahas pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kantor Bakorwil III Malang 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tiga Pemerintah daerah di Malang Raya sepakat mengajukan usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa (28/4/2020) malam.

Saat berdiskusi, tiga kepala daerah yakni Bupati Malang Muhammad Sanusi, Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyebut masing-masing wilayahnya telah siap menerapkan PSBB.

Pemerintah Kabupaten Malang sejauh ini mendapati 28 kasus positif Covid-19 di wilayahnya.

Rencana Penerapan PSBB Malang Raya Masih Tunggu Pengajuan Kabupaten Malang dan Kota Batu

Cerita 1 Keluarga Sumenep Tidur di Hutan Bambu Imbas Corona, Diusir dari Kontrakan: Cari Kerja Susah

5 Penumpang yang di Mobil Pick up Itu Ternyata Pekerja Dari Malang dan Terpaksa Putar Balik

Jumlah positif Covid-19 yang terus menunjukkan angka fluktuatif, serta jumlah pasien positif corona meninggal kini berjumlah 3 orang, jadi motivasi bagi Bupati Malang, Muhammad Sanusi untuk mengajukan PSBB.

Sebelumnya, politisi PDI Perjuangan itu berujar dengan percaya diri belum memikirkan mengajukan PSBB, karena jumlah positif corona di Kabupaten Malang kala itu masih 'sedikit'.

Sanusi menegaskan pihaknya telah siap menjalankan PSBB. Namun, ia menyebut setiap daerah akan mendapat uluran bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemerintahan era Sanusi disokong dana Rp 112 miliar untuk menangani Covid-19. Bantuan dari berbagai donatur juga telah membanjiri posko Covid-19.

"Saya pikir semua daerah siap dan pasti akan dibantu oleh provinsi, sementara untuk penanganan sosial sudah bergulir meski masih ada perbaikan data," ujar Sanusi

Beberapa waktu lalu, Sanusi menyerukan penerapan Village Physical Distancing di setiap desa di Kabupaten Malang. Pria asal Gondanglegi itu sempat mengklaim seluruh desa di wilayahnya telah menerapkan seruan tersebut.

Menurutnya, hal tersebut adalah modal baik untuk menerapkan PSBB.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved