Sering ke Sidoarjo dan Surabaya, Pedagang Sayur Giripurno Batu Jalani Rapid Tes

18 petani sekaligus pedagang sayur dari Desa Giripurno, Kota Batu menjalani tes cepat atau rapid test di Balaidesa Giripurno, Senin (16/5/2020).

Benni Indo/Surya
Tenaga kesehatan dari Puskesmas Bumiaji berdialog dengan warga Desa Giripurno di posko tes cepat yang dibuka di Balaidesa Giripurno, Senin (18/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - 18 petani sekaligus pedagang sayur dari Desa Giripurno, Kota Batu menjalani tes cepat atau rapid test di Balaidesa Giripurno, Senin (16/5/2020).

Sejatinya, ada 34 pedagang yang diundang untuk menjalani tes cepat di tempat yang sama.

Pedagang yang tidak hadir tetap akan dipanggil kembali untuk menjalani tes. Rencananya mereka akan dites selepas Idul Fitri.

Kelala Desa Giripurno Suntoro menjelaskan, program tes cepat itu diselenggarakan oleh Dinas Pertanian yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Para pedagang sayur yang menjalani tes cepat sering keluar kota menuju Sidoarjo dan Surabaya untuk menjual sayur.

"Ini para petani termasuk pedagang sayur yang sering keluar Giripurno menuju Porong, Kabupaten Sidoarjo dan Surabaya untuk jualan sayur," kata Suntoro, Senin (18/5/2020).

Suntoro menegaskan, program pemeriksaan tes cepat tersebut tidak ada kaitannya dengan adanya pasien positif Covid-19 atau yang telah meninggal di Giripurno. Data para pedagang sudah masuk sebelum ada pengumuman warga Giripurno terpapar virus Corona atau Covid-19.

NEWS VIDEO: Warkop di Tuban Terbakar Hebat hingga Terdengar Suara Ledakan, Diduga Korsleting Listrik

Ahmad Dhani Pamer Kedekatan Putri Sambungnya & Dul Jaelani, Paras Anak Mulan Panen Pujian, Between

FAKTA Viral Bocah Penjual Gorengan Dibully Sejumlah Pemuda, Nasib Pelaku hingga Kondisi Korban Kini

"Ini tidak ada kaitannya. Data sudah masuk sebelumnya," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Tes cepat dilakukan sejak pagi hingga pukul 12.00 wib. Dikatakan Suntoro, tes cepat dilakukan sebagai upaya pencegahan. Ia juga menegaskan kalau para pedagang sendiri menyadari akan adanya tes cepat tersebut.

Petani dan pedagang dari Giripurno banyak menjual sayuran seperti sawi, tomat, kol, jagung manis, lombok, andewi, dan segala jenis sayur lainnya ke Sidoarjo dan Surabaya.

Data Pemkot Batu per 17 Mei 2020 menunjukkan ada 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Giripurno. Informasinya, satu warga yang positif merupakan pedagang sayur.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved