Virus Corona di Madura

Sehari Buang 100 Baju Hazmat, RSUD Pamekasan Pastikan Pembuangan APD Tenaga Medis Covid-19 Aman

Wadir Pelayanan Medik RSUD Dr H Slamet Martodirjo Pamekasan pastikan limbah infeksius Covid-19 dibuang sesuai protokol kesehatan.

TRIBUNJATIM.COM/KUSWANTO FERDIAN
Wadir Pelayanan Medik RSUD Dr H Slamet Martodirjo Pamekasan, dr Mahzar (kanan) saat menerima bantuan APD dari Perwakilan Karyawan Djarum Foundation (kiri). 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada 24 Maret 2020, menerbitkan surat edaran soal pengelolaan limbah infeksius (B3) dan sampah rumah tangga dari penanganan virus Corona ( Covid-19 ).

Surat edaran itu harus dijadikan pedoman penanganan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan paparan dan menghindari penumpukan limbah infeksius.

Soal limbah infeksius Covid-19  pada fasilitas layanan kesehatan, pedoman ini memberikan arahan, bahwa lama penyimpanan limbah infeksius dalam kemasan tertutup maksimal dua hari sejak dihasilkan.

Bentuk Tubuh Istri Kedua Didi Kempot Dikomentari, Balasan Yan Vellia Panen Reaksi, Singkat & Adem

Hotman Paris Ingatkan Sarah Keihl yang Lelang Keperawanan: Hati-hati UU ITE, Laki-laki Jangan Mau

Wadir Pelayanan Medik RSUD Dr H Slamet Martodirjo Pamekasan, dr Mahzar mengatakan, APD yang sudah dipakai tenaga medis RSUD Pamekasan usai menangani pasien Covid-19, sebelum dibuang, langsung disimpan sesuai prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Untuk pembuangan APD berupa baju hazmat dan lainnya yang sudah dipakai, kata dia, langsung diambil oleh pihak ketiga.

Pihak ketiga itu, dijelaskan Mahzar yang berwenang sebagai pengangkut bekas APD untuk dijadikan limbah serta agar tidak menularkan virus.

UPDATE CORONA di Indonesia Kamis 21 Mei 2020, Tambahan 973 Kasus Baru, Total 20.162 Pasien Positif

Truk Muat Jeruk Tabrakan di Lamongan, Puluhan Kwintal Jeruk Tumpah di Jalan

"Aman untuk pembuangannya," kata Mahzar, Kamis (21/5/2020).

Mahzar juga menjelaskan, saat APD yang sudah dipakai dan dilakukan packing untuk dibuang, sudah dilakukan sesuai dengan protokol penanganan dan pembuangan limbah APD.

Dalam setiap harinya, kata dia, ada sekitar 100 APD baju hazmat yang dibuang oleh tenaga medis RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan usai dipakai untuk menangani pasien Covid-19.

"Pastinya sudah dibuang di lokasi yang aman dan jauh dari masyarakat. Sebab limbah APD ini dikhawatirkan akan menjadi sarang penularan penyebaran virus Corona," tutupnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian

Editor: Heftys Suud 

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved