Idulfitri 2020

Bandara Juanda Terapkan Operasional Terbatas Jelang Lebaran, Area Fasilitas Disemprot Disinfektan

Bandara Juanda menerapkan layanan operasional terbatas menjelang Lebaran. Seluruh area fasilitas bakal disemprot disinfektan.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Imbauan social distancing oleh pihak Bandara Juanda di Ruang Posko Kesehatan Terminal 1. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Bandara Juanda menyatakan pihaknya akan tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah layanan operasional terbatas akibat pandemi Corona atau Covid-19.

Satu di antara protokol kesehatan yang dijalankan adalah penyemprotan cairan disinfektan.

“Penyemprotan cairan disinfektan rutin dilakukan setiap hari setelah jam operasional bandara. Penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap seluruh sarana dan fasilitas yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa kebandarudaraan,” ujar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Sabtu (23/5/2020).

Download Lagu MP3 Selamat Hari Lebaran Ustaz Jefri Al Buchori, Cocok Diputar saat Idul Fitri 2020

Adapun fasilitas yang menjadi sasaran penyemprotan adalah tempat yang sering disentuh para pengguna jasa, seperti area check in, troli, toilet, lift, area conveyor dan seluruh fasilitas di ruang tunggu maupun di area terminal kedatangan.

Heru menambahkan, di tengah pelaksanaan operasional penerbangan terbatas ini, Bandara Juanda terus menjalankan prosedur pelayanan dengan kriteria yang sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Dalam pelaksanaan operasional penerbangan terbatas, kami juga telah mengaktifkan posko terpadu bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, dan maskapai guna memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang yang akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda,” tambahnya.

VIRAL Wanita Berubah Cantik setelah Transformasi Gigi, Fakta Menipu Terungkap, Banyak yang Percaya

Panggilan Beda Al ke Irwan Mussry Suami Maia Tak Sengaja Terekam, Bukan Daddy, Lain dari El & Dul?

Sedangkan untuk penumpang yang tiba di Bandar Udara Internasional Juanda dilakukan pemeriksaan kembali dokumen dan suhu tubuh melalui alat thermo scanner yang telah terpasang pada pintu kedatangan.

Selain itu para penumpang juga diminta untuk menyerahkan kartu kewaspadaan kesehatan (health alert card/HAC) yang telah diisi kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya.

Health alert card sendiri, dikatakan Heru, merupakan satu di antara cara untuk melakukan tracking kesehatan penumpang di tengah permasalahan pandemi Covid-19.

Panduan Takbiran Idulfitri 2020 di Tengah Pandemi Corona Resmi dari MUI, Dilengkapi Lafaz Takbir

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved