Banjir Bandang di Paciran Lamongan

Banjir Bandang di Blimbing Paciran Lamongan Mulai Surut, Empat Rumah Rusak

Selain merendam ratusan rumah, Pasar Baru Blimbing, banjir di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan , Jawa Timur juga merusak 4

surya/Hanif Manshuri
Kondisi jalan depan Pasar Baru Blimbing yang mulai ditinggalkan air akibat banjir tadi pagi dini hari, Selasa (26/5/2020) 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Selain merendam ratusan rumah, Pasar Baru Blimbing, banjir di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan , Jawa Timur juga merusak 4 rumah warga. Satu rumah hanyut dan 3 rumah jebol di bagian dindingnya, Selasa (26/5/2020) dini hari.

Data BPBD Lamongan menyebutkan, banjir akibat hujan lebat bersamaan air laut pasang dan luapan air Sungai Asinan di perbatasan Brondong-Paciran merusak rumah penduduk yang berada di sekitar sungai.

"Luapan air sungai itu menerjang 4 rumah warga," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin, saat di lokasi banjir di Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran, kepada Surya.co.id, Selasa (26/5/2020).

Muslimin menamabhkan, 4 rumah warga Kelurahan Blimbing yang hancur diterjang banjir tersebut diantaranya adalah rumah milik Sumantri (53) dimana rumahnya yang berukuran 4x6 meter roboh dan hanyut, rumah milik Hendro Samara (32), Murip (52) dan Khasan Tolabi (45) yang mengalami kerusakan di tembol rumahnya karena dindingnya jebol dan barang yang ada di rumah - rumah tersebut juga ikut hanyut.

"Total kerugian rumah penduduk sesuai yang dilaporkan pak Camat ( Yuli Wahyuono, red) ditaksir Rp. 75 juta," ujar Muslimin.

BREAKING NEWS - Kasus Covid-19 Belum Surut, Nelayan di Blimbing Lamongan Dihantam Banjir Bandang

Lebaran Pertama Zaskia Gotik Jadi Istri Siri Sirajuddin, Perlakuan Suami pada Keluarganya Terkuak

Sambut New Normal, Bawaslu Jatim Gelar Rapid Test Covid-19

Pihaknya tidak bisa memprediksi kerugian lainnya. Ia hanya berpegang pada laporan, sesuai dengan laporan Camat Paciran, Yuli Wahyuono.

Ditanya kerugian sejumlah toko yang barang - barangnya juga tergenang banjir, pihaknya hanya berpegang pada laporan Camat. Kerugian lain mungkin bulum bisa dihitung sekarang.

Sementara soal bantuan, Muslimin memastikan sudah ada bantuan sembako dari Pemkab yang diserahkan lewat kecamatan pada warga korban banjir bandang.

Kondisi air saat ini sudah berangsur surut, warga sebagian besar mulai membersihkan lantai yang kotor akibat gelontoran air yang membawa lumpur, pasir dan sampah.

Sampah - sampah banyak menumpuk di luar rumah. Karena kejadian pagi dini hari itu, rumah warga banyak tertutup pintunya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat dan korban bencana agar tetap waspada terjadinya luapan air susulan," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras di Lamongan mengakibatkan banjir terjadi di Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran.
Banjir dengan ketinggian air rata - rata 1 meter. Tidak hanya merendam jalan raya pantura, tetapi juga merendam ratusan rumah warga.

Air banjir tidak bisa cepat surut karena kondisi air laut saat ini masih pasang.

Sungai yang ada di sekitar perkampungan tak bisa menampung volume air, hingga meluber dan membanjiri kawasan perkampungan, termasuk Pasar Baru Blimbing. (Hanif Manshuri/Tribunjatim.com)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved