Warga Jawa Timur Bisa Nikmati Diskon Pajak Kendaraan Bermotor, Catat Tanggalnya!

Warga Jawa Timur akan bisa menikmati program pemotongan pajak kendaraan bermotor (PKB) dari Gubernur Khofifah mulai Jumat (12/6/2020) besok.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau dengan tegas agar masyarakat tidak melakukan silaturahmi dari rumah ke rumah saat momen perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020) mendatang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Warga Jawa Timur akan bisa menikmati program pemotongan pajak kendaraan bermotor (PKB) dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mulai Jumat (12/6/2020) besok.

Tak cukup hanya berupa pembebasan denda kendaraan bermotor, tapi juga akan ditambah dengan diskon pemotongan nilai pokok pajak.

Untuk kendaraan roda dua dan roda tiga akan didiskon sebesar 15 persen. Dan untuk kendaraan roda empat atau lebih didiskon sebesar 5 persen.

Diskon pemotongan nilak pokok pajak kendaraan bermotor ini berlaku mulai 12 Juni 2020 hingga 31 Juli 2020.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, program ini sengaja diluncurkan untuk membantu meringankan beban masyarakat di saat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Zona Merah Covid-19 Jawa Timur Sisa 11 Daerah, Gubernur Khofifah: Bisa Segera Masuk New Normal

Viral Pria di Malang Curhat soal Tagihan Listrik Rp 20 Juta, PLN Sebut karena Kerusakan Alat

"Kami memberikan diskon dalam bentuk pemotongan nilai pokok pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat sebesar 15 persen untuk roda dua dan tiga, kemudian 5 persen untuk kendaraan roda empat dan lebih. Semoga bisa meringankan beban masyarakat Jatim di tengah pandemi Covid-19," kata Gubernur Khofifah, Kamis (11/6/2020).

Di tengah pandemi, banyak masyarakat yang terdampak Covid-19. Sehingga ia berharap adanya diskon ini bisa memberikan keringanan bagi masyarakat Jawa Timur.

Tidak hanya itu, keringanan ini juga diberikan Pemprov Jawa Timur karena selama masa pandemi tingkat kepatuhan masyarakat membayar pajak ternyata masih tinggi.

Wajib pajak yang membayar pajak melalui sistem online mulai Maret hingga April mengalami kenaikan 187 persen. Dan bulan April hingga Mei naik sebesar 36 persen.

UPDATE CORONA di Jatim Rabu 10 Juni, Tambah 304 Pasien Baru, Tingkat Penularan Surabaya Masih Tinggi

Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi Siap Sambut New Normal, Sediakan Fasilitas hingga Batasi Pengunjung

Sedangkan masyarakat yang membayar pajak di Samsat induk mulai Maret hingga April naik 170 persen. Dan bulan April hingga Mei naik sebesar 41 persen.

"Maka sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kami pada masyarakat yang telah taat membayar pajak di masa pandemi. Karena selama pandemi ini tercatat ketaatan membayar pajak warga Jatim masih tinggi," ucap Khofifah Indar Parawansa.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan diskon pajak kendaraan bermotor ini bisa melakukan pembayaran pajak melalui 46 layanan samsat induk, di layanan unggulan samsat, dan di layanan pembayaran pajak drive thru.

Serta juga bisa memanfaatkan metode pembayaran via online melalui e-samsat, Indomaret, Alfamart, Griya Bayar, Link Aja, Tokopedia, Samsat Online Nasional, dan juga bisa melalui PT Pos Indonesia.

Enam PTN Indonesia Ini Masuk 500 Besar PTN Terbaik se-Asia, Dua di antaranya dari Jawa Timur

Tangani Covid-19 di Jawa Timur, Sudah Ada 22 Pendonor Plasma Convalescent Masuk Waiting List

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved