Virus Corona di Madiun

Stasiun Madiun Kembali Beroperasi, Berikut Syarat Wajib Dipenuhi Calon Penumpang Bila Naik Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan KA Jarak Jauh dan KA lokal reguler secara bertahap, Jumat (12/6/2020).

SURYA/RAHADIAN BAGUS
Penumpang kereta api harus memenuhi persyaratan standar kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan KA Jarak Jauh dan KA lokal reguler secara bertahap, Jumat (12/6/2020).

Ada 14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal yang dijalankan kembali mulai 12 Juni 2020.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menyampaikan, untuk wilayah wilayah daerah operasional 7 Madiun, ada sepuluh perjalanan KA jarak jauh subsidi maupun komersial yang melintas.

Kisah di Balik Adegan Sinetron Boneka Hello Kitty Direbus yang Viral, Penulis Script Singgung Rating

Meski sudah beroperasi, namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penumpang.

Bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Ijin Keluar Masuk DKI jakarta yg bisa di unduh secara online.

Secara umum setiap penumpang KA jarak jauh, menengah, maupun lokal diharuskan dalam kondisi sehat.

Terjawab di Mana Menkes Terawan Jelang New Normal, Najwa Shihab Beri Pesan, Tiap Diundang Ditolak

Kisah Pilu Janda Hamil Batal Nikah, Calon Suami Tak Muncul di Hari H, Malu Berujung Libatkan Polisi

Penumpang tidak sedang menderita flu, pilek, batuk, demam, suhu badan tidak lebih dari 37.3 derajat celsius.

Bagi penumpang, kata Ixfan, juga wajib menggunakan masker, dan memakai pakaian lengan panjang atau jaket.

"Pengoperasian kembali KA Reguler ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api," kata Ixfan, Jumat (12/6/2020) siang.

Hasil Penelitian Tim UB Malang & BMKG Ungkap Sinar UV Mampu Bersihkan Corona, Berikut Penjelasannya

Ixfan menegaskan, khusus untuk perjalanan KA jarak jauh, penumpang diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI mulai stasiun keberangkatan, dalam perjalanan hingga pada zona dua stasiun tujuan.

"Tapi kami hanya menyediakan face shield untuk dewasa, bagi yang membawa anak-anak bisa membawa sendiri sebelum berangkat," katanya.

Selain itu, calon penumpang KA jarak jauh juga diharuskan melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 nomer 7 tahun 2020. Berkas tersebut harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding.

Wisata Religi Sunan Ampel Dibuka Lagi, Pengunjung Mulai Datang, Protap Covid-19 Tetap Diterapkan

Perjalanan kembali KA reguler, mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomer 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa Adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub nomer 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian dalam masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“KAI baru menjalankan sebagian perjalanan KA Reguler dengan pertimbangan penerapan PSBB di berbagai wilayah serta permintaan dari masyarakat. Pengoperasian kembali KA reguler ini akan terus kami evaluasi perkembangannya,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan kemvali KA reguler, masyarakat dapat menghubungi contact senter KAI melalui telpon (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial kai121.

Penulis: Rahadian Bagus

Editor: Arie Noer Rachmawati

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved