Breaking News:

Virus Corona

Rutin Konsumsi Probiotik Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Masa Transisi, Ini Kata Pakar

Pandemi Covid-19 membuat semua orang mulai menerapkan hidup sehat dengan protokol kesehatan.

SURYA/WILLY ABRAHAM
Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Prof. Dr Subijanto Marto Sudarmono dr Sp.A (K) saat memberikan pemaparan di RSUD Ibnu Sina, Minggu (21/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Pandemi Covid-19 membuat semua orang mulai menerapkan hidup sehat dengan protokol kesehatan.

Selain menggunakan masker dan rajin cuci tangan, pakar kesehatan menganjurkan mengkonsumsi probiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Prof Dr Subijanto Marto Sudarmono dr Sp.A (K) menyebut, meningkatkan imunitas tubuh selain rajin berolahraga dan mengatur gaya hidup sehat juga mengkonsumsi probiotik.

Akhirnya Akhir Tahun 2020 WHO Siap Kirim Vaksin Virus Corona, Ada 1 Syarat, Bagaimana Indonesia?

Sebab, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan.

"Mikrobiota usus mempengaruhi kesehatan paru-paru melalui Gut-Lung Axis (poros usus-paru-paru). Mikrobiota usus memodulasi sistem imun usus sehingga terjadi homeostasis (keseimbangan), tidak terjadi respons imun over-reaktif dan respons imun under-reaktif. Selanjutnya sistem imun mukosa usus ini akan memperbaiki semua sistem imun mukosa organ tubuh lainnya termasuk paru-paru," paparnya.

Karena penempelan Covid-19 pada paru-paru maka terjadi komplikasi klinik yang buruk seperti pneumonia sampai ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) pada pasien yang memiliki masalah pada sistem imun.

Alasan Sebenarnya Soeharto Makamkan Soekarno di Blitar, Megawati Sebut Keluarga Tak Setujui

Pria Jakarta Pengunggah Video Dokter Wanita Telanjang di Surabaya Dibekuk Polrestabes Surabaya

Yaitu orang tua atau pasien yang memiliki penyakit bawaan (comorbid).

"Mikrobiota usus memodulasi sistem imun sehingga mencegah kerusakan paru-paru karena over-reaktif imun yang diakibatkan penempelan Covid-19 pada paru-paru," kata dia.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Argo Mitra Alimentare selaku produsen minuman probiotik, Ge Recta Geson menyebut manfaat probiotik untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

Malang Raya Transisi New Normal, Penginapan Dilarang Terima Tamu Jika Tak Tunjukkan Hasil Swab

"Minuman probiotik sebagai pengendali Covid-19. Selain itu, minuman yang kami produksi ini bisa membuat BAB lancar, dan tidak muda kena diare. Sebaiknya dikonsumsi sehari-hari untuk membangun dan menyeimbangkan sistem imun tubuh sebagai pencegahan terhadap serangan Covid-19 dalam era new normal," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved