Breaking News:

Kader dan Simpatisan PDIP Kota Madiun Peringati Peristiwa Kudatuli, Gelar Renungan dan Tabur Bunga

Kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Madiun gelar renungan malam memperingati peristiwa kerusuhan 27 Juli atau peristiwa Kudatuli.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Madiun memperingati peristiwa Kudatuli, Minggu (26/7/2020) malam. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Rahadian Bagus

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Ratusan kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Madiun menggelar renungan malam dan aksi tabur bunga memperingati peristiwa kerusuhan dua puluh tujuh Juli atau yang dikenal dengan peristiwa Kudatuli, Minggu (26/7/2020) malam.

Peringatan peristiwa yang terjadi pada 27 Juli 1996 itu diawali dengan acara renungan malam dan doa bersama di Kantor DPC PDIP Kota Madiun, Jalan Mayjend DI Panjaitan, Kota Madiun.

Sejumlah saksi sejarah peristiwa politik perlawanan rakyat melawan rezim Orde Baru yang dipimpin Soeharto, juga tampak menghadiri acara tersebut.

Ketua DPC PDIP Kota Madiun, Anton Kusumo, mengatakan, peristiwa Kudatuli harus dikenang karena banyak memakan korban jiwa dan luka-luka dari kalangan kader dan simpatisan PDI pro Megawati.

“Dengan peringatan peristiwa 27 Juli 1996 ini, kami kembali menegaskan bahwa PDIP adalah partai yang solid dalam mengawal demokrasi. Seluruh kader dan simpatisan partai wajib mengambil pelajaran dari peristiwa berdarah itu,” tegas Anton.

Polisi Kesulitan Identifikasi Jasad Bayi di Madiun yang Dibuang di Tumpukan Sampah, Sempat Terbakar

UPDATE CORONA di Ponorogo Senin 27 Juli, 8 Pasien Sembuh, 1 Santri Ponpes Gontor 2 Positif Covid-19

Anton mengatakan, peristiwa Kudatuli merupakan peristiwa pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat yang saat itu dikuasai pendukung Megawati.

Penyerbuan dilakukan massa pendukung Soerjadi (ketua umum versi kongres PDI di Medan).

Seusai menggelar renungan dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan tabur bunga di beberapa titik ruas jalan Kota Madiun, serta ziarah ke makam para saksi sejarah yang menjadi korban persitiwa kelam itu.

Editor: Dwi Prastika

Penuhi Kebutuhan Warga di Tengah Pandemi, Kampung Tangguh di Madiun ini Budidayakan Sayur Hidroponik

DPC PDIP Kota Madiun Usulkan Pemecatan Anggota DPRD yang Terciduk Razia Balap Liar

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved