Breaking News:

Inggris Pernah Punya Niat Bantu Malaysia Bom Jakarta, Tapi Soekarno Tak Takut karena 1 Senjata Ini

Inilah kisah Inggris yang pernah niat bom Jakarta. Tapi niat itu mereka urungkan, karena Soekarno punya 1 senjata.

Editor: Januar
Inggris Pernah Punya Niat Bantu Malaysia Bom Jakarta, Tapi Soekarno Tak Takut karena 1 Senjata Ini
Istimewa via Intisari
Pesawat pembom milik Inggris

Inilah kisah Inggris yang pernah niat bom Jakarta. Tapi niat itu mereka urungkan, karena Soekarno punya 1 senjata pamungkas. Apa itu?

TRIBUNJATIM.COM- Bukan rahasia lagi, jika Indonesia memang memiliki sejarah perseturuan dengan Malaysia pada era Presiden Soekarno.

Ketika Indonesia dan Malaysia terlibat konflik, yang diikuti dengan pencanangan semboyan Ganyang Malaysia, peperangan  terbuka antara Indonesia-Malaysia pun siap meletus.

Untuk menyiapkan kekuatan tempurnya, Indonesia yang kemudian menggelar Operasi Dwikora, membentuk pasukan yang terdiri atas para sukarelawan dan gabungan pasukan TNI/Polri.

Malaysia yang dalam konflik itu langsung didukung secara penuh oleh militer Inggris sebenarnya punya kekuatan militer yang sulit diimbangi Indonesia.

Inggris sendiri menyatakan tidak main-main untuk membela Malaysia.

Saat KKO Permalukan Gabungan Tentara Malaysia dan Inggris, Musuh Tak Sempat Kokang Senjata

Lebih dari itu, Inggris juga mengancam akan membom langsung Jakarta menggunakan pesawat pembom nuklir jarak jauh, Avro Vulcan.

Untuk membom Jakarta, Inggris saat itu memang tidak akan menggunakan bom nuklir, tapi bom konvensional mengingat Vulcan bisa membawa bom dengan berat total hingga 45.000 kg.

Sebagai pesawat pembom jarak jauh dan bisa menempuh jarak lebih 4000 km, Vulcan yang saat itu sudah berpangkalan di Darwin, Australia, bisa dengan mudah ‘membantai’ Jakarta.

Tapi Presiden Soekarno ternyata tidak takut atas ancaman pembom Vulcan Inggris.

Halaman
12
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved