Breaking News:

Mengenal Wisata Taman Goa Biru di Trenggalek, Menikmati Pesona Langit-Hutan dari Ketinggian

Pemkab Trenggalek meresmikan Taman Goa Biru, sebuah tempat wisata alami yang ada di Desa Sengon, Kecamatan Bendungan, Selasa (15/9/2020)

SURYA/AFLAHUL ABIDIN
Pengunjung menikmati pemandangan dari atas bukit Taman Goa Biru di Desa Sengon, Kecamatan Bendungan, Selasa (15/9/2020). Pengunjung bisa menikmati pemandangan biru langit dan hijau hutan alami dari ketinggian di atas bukit goa tersebut. 

TRIBUNTRENGGALEK.COM, TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek meresmikan Taman Goa Biru, sebuah tempat wisata alami yang ada di Desa Sengon, Kecamatan Bendungan, Selasa (15/9/2020).

Berada di area hutan dengan kontur perbukitan batu karst, taman ini menyuguhkan pemandangan biru langit dan hijau hutan dari ketinggian.

Disebut taman karena goa biru dikelilingi pepohonan rindang dengan luas area sekitar 2 hektare.

Intip Wisata Alam Taman Goa Biru di Trenggalek, Suguhkan Panorama Biru Langit dan Hijau Hutan

Trenggalek Bubarkan Check Point dan Buka Batas Wilayah

Terdapat juga goa sedalam sekitar 30 meter di tempat rekreasi ini. Meskipun diameternya kecil sehingga pengunjung tidak bisa masuk ke dalam.

"Kami sebut 'biru' di namanya karena jika melihat pemandangan dari atas bukit saat pagi atau sore hari, itu kelihatan fenomena pemandangan yang berwarna biru. Menjadi indah karena area sekitarnya masih hutan alami," kata Kepala Desa Sengon Dwi Yulianto.

Desa Sengon -- dan mayoritas desa lain di Kecamatan Bendungan -- berada di daerah pegunungan. Taman Goa Biru merupakan salah satu area yang tinggi.

Dari atas Goa Biru yang tingginya sekitar 30 meter, pengunjung bisa melihat hamparan luas langit dan hutan-hutan sepanjang mata memandang.

Dwi mengatakan, wanawisata alami ini baru berusia sekitar sepekan. Warga setempat bergotong royong membersihkan lahan dan menanam berbagai tumbuhan untuk memperindah tempat wisata itu.

Ia berencana menambahkan fasilitas secara bertahap. Yang paling menonjol, rencana pembangunan waterpark menggunakan Dana Desa (DD) pada 2022.

"Untuk sementara waktu, yang bisa pengunjung nikmati adalah foto-foto sambil melihat pemandangan pagi dansore hari. Ke depan kami dan masyarakat ingin memoles agar Goa Biru menjadi wisata yang lebih menarik," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved