Breaking News:

HUT Pemprov Jatim

Khofifah Ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jatim, Ini Harapannya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengawali rangkaian HUT Provinsi Jawa Timur yang ke-75 melakukan ziarah ke makam Raden Mas Tumenggung

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Yoni Iskandar
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran ziarah ke makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, Gubernur Pertama Jawa Timur, di Desa Onggoprayan, Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jumat (9/10/2020) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengawali rangkaian HUT Provinsi Jawa Timur yang ke-75 dengan melakukan ziarah ke makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, Gubernur Pertama Jawa Timur, di Desa Onggoprayan, Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jumat (9/10/2020) pagi.

Bersama Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak dan juga jajaran Kepala OPD di kalangan Pemprov Jawa Timur, Gubernur Khofifah melakukan penghormatan, dan berkirim doa pada tokoh pahlawan nasional yang termasuk sebagai tokoh babat alas Jawa Timur ini .

Hal tersebut dilakukan sebagai penghormatan pada sosok Gubernur Suryo yang telah berjuang dan mendedikasikan dirinya demi mempertahankan Indonesia termasuk membangun Jawa Timur.

“Gubernur Suryo adalah Gubernur pertama Jawa Timur, beliaulah yang babat alas Jawa Timur. Oleh karena itu kita warga Jawa Timur sedianya pandai menghormati seluruh jejak perjuangan, pengorbanan, kepahlawanan dari yang mereka sudah didedikasikan untuk Jawa Timur. Selebihnya tentu kita berharap milenial Jawa Timur juga terus mengikuti keteladanan para Pahlawan yang sudah mendedikasikan hidupnya dan nyawanya untuk negeri ini khususnya Jawa Timur,” kata Khdofiah, seusai ziarah kepada TribunJatim.com.

Sebagaimana diketahui bahwa Gubernur Soerjo adalah sosok pahlawan nasional yang menjadi pejuang bagaimana Indonesia merdeka hingga dipercaya sebagai gubernur pertama Jawa Timur.

Selain Surati Presiden, Gubernur Khofifah Fasilitasi Buruh Dialog dengan Menkopolhukam

Anggota DPRD Bojonegoro Ditetapkan Tersangka Atas Kasus Kekerasan

129 Pengunjuk Rasa Yang Ditahan di Mapolreta Malang Kota Dilakukan Rapid Test, Ini Hasilnya

Ia menjabat memimpin Jawa Timur pada tahun 1945 hingga pada tahun 1948. Gubernur Soerjo wafat setelah ditemukan jenazahnya di Kabupaten Ngawi usai sebelumnya diketahui kendaraan miliknya dihentikan oleh kelompok pro PKI.

Dalam kesempatan ziarah tersebut, Khofifah juga menyempatkan diri untuk memberikan santunan dan penghormatan pada kekuarga dan ahli waris Gubernur Soerjo.

Tidak sampai di sini, kegiatan ziarah ke makam para tokoh Jawa Timur hari ini juga dilakukan ziarah di makam Gubernur Muhammad Noer di Sampang yang diwakili oleh Kepala Bakorwil Pamekasan. Kegiatan ini kembali menjadi pengawalan rangkaian peringatan HUT Pemprov Jawa Timur yang ke 75 yang akan tepat dirayakan pada tanggal 12 Oktober 2020 mendatang.

“Pada dasarnya kami ingin memberikan penghormatan yang terbaik dengan mendoakan seluruh tokoh Jawa Timur yang sudah berjuang untuk negeri ini terutama untuk Jawa Timur. Maka warga jatim Jangan ada yang tidak memberikan penghormatan dan mengikuti keteladanan perjuangan dan pengorbanan beliau dengan harapan kita akan mengambil referensi dari seluruh dedikasi dan perjuangan beliau untuk membangun negeri ini, terutama Jawa Timur,” pungkas Khofifah kepada TribunJatim.com.

Sebagai penutup acara ziarah ke Makam Gubernur Ario Soerjo, Khofifah turut membagikan sembako bagi warga tak mampu di sekitar komplek makam. (Fatimatuz zahroh/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved