Breaking News:

Pilkada Banyuwangi

Blusukan ke Cluring Banyuwangi, Ipuk Sampaikan Program Peningkatan Insentif GTT dan Tabungan Pelajar

Blusukan ke Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyampaikan program “Banyuwangi Cerdas Berkarakter”.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, blusukan ke sejumlah titik untuk bertemu warga Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jumat (16/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, blusukan ke sejumlah titik untuk bertemu warga Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jumat (16/10/2020).

Dalam silaturahmi tersebut, Ipuk Fiestiandani menyampaikan program “Banyuwangi Cerdas Berkarakter”.

Banyuwangi Cerdas Berkarakter merupakan program pendidikan yang masuk dalam 22 Program Langsung Dikerjakan dari duet Ipuk Fiestiandani dan Sugirah.

"Selama 10 tahun terakhir, telah banyak program pendidikan yang dilaksanakan. Program-program tersebut akan kami lanjutkan dan tingkatkan," kata Ipuk Fiestiandani.

Di era kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, Banyuwangi memiliki banyak program pendidikan seperti Banyuwangi Cerdas, yakni pemberian beasiswa pada anak Banyuwangi terutama dari keluarga tidak mampu, Banyuwangi Mengajar yang mengirimkan guru ke pelosok-pelosok, Siswa Asuh Sebaya, dan lainnya.

Dalam program Banyuwangi Cerdas Berkarakter yang diusung Ipuk Fiestiandani, terdapat peningkatan-peningkatan dalam berbagai program yang selama ini telah dijalankan.

Baca juga: Lantik Dewan Kesenian Blambangan, Bupati Banyuwangi Sebut Seni Budaya Jadi Instrumen Kemajuan Daerah

Baca juga: Latih Ibu-ibu Banyuwangi Buat Mi Organik dari Buah Naga, Ipuk Bakal Perkuat Program Dasa Wisma

Seperti peningkatan insentif Guru Tidak Tetap (GTT). Di era Bupati Anas, sejak 2018, insentif tenaga honorer di lingkup pendidikan Kabupaten Banyuwangi naik dari Rp 300.000 per bulan menjadi Rp 1 juta per bulan untuk K2. Sementara untuk non K2, mendapatkan Rp 750.000 per bulan.

Selain GTT, Ipuk Fiestiandani juga menyiapkan program insentif untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Selain itu bantuan uang saku sebesar Rp 20.000 per hari untuk anak dari keluarga tidak mampu, serta bantuan tabungan pelajar dan pendampingan cegah putus sekolah.

"Selama ini telah banyak anak Banyuwangi yang diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak anak yang mendapat beasiswa untuk kuliah, baik di Banyuwangi maupun di luar Banyuwangi. Program yang baik ini akan kami lanjutkan," kata Ipuk Fiestiandani.

Baca juga: Budayawan Desa Kemiren Dukung Ipuk Fiestiandani Teruskan Pengembangan Seni Budaya Banyuwangi

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Dorong UMKM Ikut Program Banpres Produktif Usaha Mikro, Begini Cara Daftarnya

Baca juga: Inovasi Cek Bantuan Sosial Covid-19 Banyuwangi Raih Indonesia Smart Nation Award 2020

Dia menjelaskan, ke depan ada peningkatan beasiswa kuliah untuk anak muda, santri, anak yatim, anak keluarga kurang mampu, difabel, dan atlet berprestasi.

"Jadi apabila bapak-ibu memiliki anak, keponakan, tetangga, yang pintar tapi tidak punya dana untuk melanjutkan kuliah, bisa lapor ke RT/RW atau kepala desa dan nantinya bisa diberikan beasiswa," jelas Ipuk Fiestiandani.

Di bidang olahraga, Ipuk Fiestiandani mengatakan, terdapat program yang memfasilitasi pelajar/atlet muda untuk mengikuti kompetisi nasional maupun internasional.

"Kami juga akan meningkatkan pembinaan olahraga, atlet, dan menggelar ajang olahraga di desa-desa," tambah Ipuk Fiestiandani.

Editor: Dwi Prastika

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved