Breaking News:

Libur Cuti Bersama, Wisatawan Datangi Kota Batu untuk Menikmati Alam, Ada Peningkatan Pengunjung

Hari pertama cuti bersama, sejumlah wasatawan luar kota mendatangai Kota Batu memburu tempat wisata untuk berfoto dan menikmati pemandangan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Pipin Tri Anjani
SURYA/BENNI INDO
Suasana wisata di Selecta saat hari pertama cuti bersama di masa Pandemi Covid-19, Rabu (28/10/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Hari pertama cuti bersama, sejumlah wasatawan luar kota mendatangai Kota Batu. Mereka berburu tempat wisata untuk berfoto dan menikmati pemandangan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan ada peningkatan jumlah wisatawan di hari pertama cuti bersama. Jumlahnya tidak jauh berbeda dengan jumlah wisatawan akhir pekan saat pandemi.

Sujud menerangkan, wisatawan datang dari kawasan Malang Raya, Surabaya, Sidoarjo, hingga dari Jawa Tengah. Namun sebagian besar dari mereka tidak menginap. Hanya sekadar pergi berwisata lalu pulang.

Suatu hal yang lumrah terjadi selama masa pandemi Covid-19 di Kota Batu. Pantauan Surya (grup TribunJatim.com) di tempat wisata legendaris, Selecta, banyak kendaraan dari luar Kota Batu masuk. Ada dari Surabaya, Blitar, Kediri, Sidoarjo, Pasuruan, maupun dari Semarang.

Baca juga: Imbauan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kediri Terkait Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Baca juga: Asik Ngopi, Bandar dan Pemakai Sabu di Lumajang Ditangkap Polisi, Sudah Lama Menjadi Buron

Sujud yang juga menjabat sebagai direktur PT Selecta mengatakan, ada kecenderungan kalau wisatawan lebih suka berkunjung ke kawasan terbuka atau alam. Mereka ingin berwisata di ruang terbuka karena dirasa lebih aman dan nyaman.

"Ada peningkatan, lebih dari 1000 wisatawan di Selecta. Saat ini orang main ke ruang terbuka, hanya jalan-jalan lalu wisata kuliner," ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Sujud memprediksi, puncak jumlah wisatawan terjadi pada Sabtu ini. Minggu diprediksi mulai menyusut karena orang pada pulang untuk persiapan kerja pada Senin.

"Namun puncaknya ini jumlahnya sama seperti akhir pekan pandemi, bukan jumlah seperti sebelum pandemi," katanya.

Di masa pandemi ini, Sujud mengimbau agar tempat wisata maupun hotel tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Di Selecta, diceritakan Sujud, pihaknya bahkan melakukan pengumpulan data untuk kepentingan pelacakan. Selain ada fasilitas kelengkapan lainnya seperti alat pengukur suhu tubuh atau alat cuci tangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved