Breaking News:

Pancasila

Kepengurusan DPD AELI Jatim 2020-2023 Resmi Dilantik, Diseminasi Pengamalan Pancasila Difokuskan

Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) resmi mengukuhkan pengurus DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023, Rabu (18/11/20).

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Pipin Tri Anjani
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Berlokasi di kawasan Darmo Harapan Surabaya, Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) resmi mengukuhkan pengurus DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023, pada Rabu (18/11/20). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berlokasi di kawasan Darmo Harapan Surabaya, Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) resmi mengukuhkan pengurus DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023, Rabu (18/11/20).

AELI sendiri merupakan wadah bagi pengguna metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) baik perorangan maupun lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengguna metode EL yang bertanggung jawab terhadap pengembangan manusia Indonesia.

Pada rangkaian acara pengukuhan itu juga diisi dengan diskusi panel dengan tema "Bersatu Berjaya Bergerak", yang mana bertujuan untuk memfokuskan jaringan pada sektor pendidikan dan pengembangan kapasitas SDM Indonesia.

Kegiatannya AELI sendiri lebih difokuskan pada outbound, training, development, dan derelaksation sebagai proses penyembuhan dengan simulasi tertentu.

Berdasarkan informasi yang diterima TribunJatim.com, sejak Pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, AELI tertuntut untuk melakukan beberapa improvisasi, namun secara nasional AELI mendapat stimulus dari pembuatan virtual event, guide, webinar, dan sebagainya.

Resmi dilantik sebagai ketua DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023 tepat hari ini, Tri Cahyono Putra mengatakan kedepan pihaknya akan memfokuskan tentang diseminasi pengamalan Pancasila .

"Hal itu dilakukan karena berkaca dari AELI Pusat sendiri telah mendapat mandat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait deseminasi dan pengamalan Pancasila, melalui 7 permainan," terang Tri Cahyono Putra, Rabu (18/11/20) di Surabaya.

Tidak hanya itu, Kata Tri Cahyono, AELI juga telah mempersiapkan strategi baru dengan membuat City Guide Virtual atau Amazing Race, dengan membentuk kelompok kecil untuk mengenali dan mengetahui daerah tertentu dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Inilah inovasi dari experience learning kami, bahkan kami juga menggunakan virtual game, yang juga membantu perusahaan untuk melihat attitude para karyawannya," tambahnya.

Sementara itu, Public Relations AELI, J. Abdul mengungkapkan bila pihaknya ingin memfokuskan AELI dengan menggandeng dinas terkait untuk membentuk kurikulum pendidikan non formal.

"Tahun ini sampai kepengurusan 3 tahun kedepan, kita akan bekerjasama dengan stakeholder, akomodasi dan pemerintahan, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, dan Olahraga," ujar J. Abdul.

Dikatakan J. Abdul, sinergi dengan pemerintah melaui dinas-dinas terkait menjadi bagian penting, sebab kedepannya kami ingin membuat kurikulum.

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved