Breaking News:

UMK 2021 Jawa Timur Belum Diumumkan, Kadisnaker Sebut Akan Diungkap Senin Depan

UMK 2021 Jawa Timur belum diumumkan hari ini, Kadisnaker Himawan Estu Bagijo sebut akan diungkapkan Senin depan.

ISTIMEWA
Ilustrasi UMK 2021 - UMK 2021 Jawa Timur belum diumumkan, Kadisnaker sebut akan diungkap Senin. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pengumuman Upah Minimum Kota/Kabupaten atau UMK 2021 Jawa Timur dipastikan mundur hingga pekan depan. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo mengatakan, hal tersebut menjadi hasil sidang dewan pengupahan hari ini. 

"Tadi sudah Rapat Sidang Dewan Pengupahan Provinsi Jatim, dengan agenda pembahasan pengkajian dan penetapan UMK 2021 Jawa Timur. Rapatnya tadi diawali dengan membahas kelengkapan berkas usulan dari rekomendasi usulan bupati/wali kota yang belum selesai,” kata Himawan Estu Bagijo, Jumat (20/11/2020). 

Pria yang kini menjabat sebagai Plt Bupati Mojokerto ini menjelaskan, setelah sidang itu, semua usulan besaran UMK dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, baik yang mengusulkan tetap maupun mengusulkan naik, akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

"Setelah rapat ini tadi, maka Ibu Gubernur Khofifah nanti yang akan memutuskan dan menetapkan besaran UMK 2021 Jawa Timur. Kami masih menunggu. Kemungkinan baru Senin akan diumumkan," tegas Himawan Estu Bagijo.

Baca juga: Dewan Pengupahan Usulkan UMK Ponorogo Tahun 2021 Tetap Rp 1.913.321, Kemnaker: Asalkan Tidak Turun

Baca juga: Sebut Nominal Gaji Rendah, Dewan Dorong Kenaikan Upah Bagi Guru Honorer di Kota Malang

Lebih lanjut, Himawan Estu Bagijo menyinggung bahwa hari ini tersiar isu tentang hasil rapat sidang dari satu grup ke grup yang lain. Kabar dari media sosial WhatsApp itu ditegaskan Himawan Estu Bagijo tidak benar.

Ia menekankan, dari rapat hari ini membahas seluruh usulan. Baik yang usulan UMK 2021 naik maupun tetap.

Tujuh usulan besaran UMK yang belum selesai dan dibahas dalam sidang hari ini antara lain usulan besaran UMK dari Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Trenggalek, dan Pacitan.

Rapat Sidang Dewan Pengupahan Jatim dengan agenda pembahasan pengkajian dan penetapan UMK 2021 Jawa Timur banyak membahas kelengkapan berkas usulan dari rekomendasi usulan bupati/wali kota yang belum selesai. 

Baca juga: Kuatkan Persiapan Jelang Pilkada Serentak 2020 di 19 Daerah, Jawa Timur Gelar Khataman Quran

Baca juga: Ribuan Buruh Jatim Sambat Dampak Pandemi di Depan Kantor Gubernur: Kami Menolak Upah Murah!

"Jadi hasilnya belum diumumkan. Jika ada pengumuman yang tidak resmi, maka hal itu tidak bisa dipertanggungjawabkan validitasnya,” tegas Himawan Estu Bagijo.

Sebab dokumen resmi hasil rapat dewan pengupahan ditandatangani oleh anggota dewan pengupahan dan berbagai unsur yang terlibat dalam rapat, bukan hal yang disebar tanpa pertanggungjawaban.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved