Tip Aman Melintasi Perlintasan Kereta Api Menyilang, Kasatlantas Polresta Malang Kota Wajibkan Ini

Tip aman roda dua melintas di perlintasan kereta api menyilang dari Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Perlintasan rel menyilang yang berada di Jalan Ahmad Yani, atau tepatnya di bawah Flyover Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pengguna kendaraan bermotor khususnya roda dua, harus berhati hati saat melintas di jalan yang dilalui perlintasan kereta api.

Khususnya perlintasan kereta api yang berbentuk menyilang.

Misalnya saat melintasi perlintasan kereta api menyilang yang berada di Jalan Ahmad Yani, atau tepatnya di bawah Flyover Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Baca juga: Bupati Malang Aktifkan Satgas Covid-19, Hidupkan Operasi Yustisi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Qosim-Alif Terima Kekalahan 2 Persen Suara Pilkada Gresik 2020, Tim Hukum Tak Ajukan Gugatan ke MA

Bila tak hati-hati, tak jarang pengendara sepeda motor terjatuh saat melintas.

Apalagi bila kondisi hujan, rel menjadi licin dan membuat semakin banyak pengendara motor terjatuh.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution memberikan tip aman bagi pengendara sepeda motor saat melintas di perlintasan kereta api berbentuk menyilang.

"Pengendara diwajibkan mengurangi kecepatan dan tidak melakukan pengereman mendadak. Apalagi bila melintas di dalam kondisi hujan, rel pasti akan licin dan mudah membuat ban sepeda motor selip dan terjatuh," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Banyak Jalan Rusak, Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono Minta PUPR Bekerja Keras

Baca juga: Sinopsis Film Gods of Egypt, Dibintangi Brenton Thwaites, Tayang di Bioskop Trans TV Pukul 23.30 WIB

Selain itu pengendara motor juga harus memiliki teknik khusus ketika melintas di perlintasan rel menyilang. Yaitu pengendara harus melewati perlintasan rel menyilang dalam posisi seperti huruf T.

"Pengendara harus melewati perlintasan rel secara lurus, seperti huruf T. Jadi sepeda motor berbelok sedikit lalu melintas seperti huruf T. Agar ban sepeda motor tidak masuk ke sela sela rel dan tidak tergelincir," jelasnya.

Dirinya mengakui bahwa kecelakaan sepeda motor terjatuh di perlintasan kereta api di bawah Jembatan Flyover Arjosari sering terjadi. Sehingga pihaknya telah melakukan beberapa langkah antisipasi.

"Yaitu memberikan papan imbauan bertuliskan "Awas Rel Licin" dan papan imbauan bergambar teknik berkendara yang aman saat melintasi perlintasan rel menyilang. Selain itu di dekat perlintasan rel juga telah kami beri pita kejut, dan dampaknya angka sepeda motor terjatuh di perlintasan rel itu menurun. Meski begitu kami tetap mengimbau ke masyarakat, agar tetap  berhati hati saat melintas," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan

Editor: Heftys Suud

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved