Breaking News:

Pilkada Sumenep

KPU Tetapkan Pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Peraih Suara Terbanyak Pilkada Sumenep 2020

Hasil pleno itu menyatakan pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah memperoleh suara sebanyak 319.876 suara.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Pipin Tri Anjani
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Ketua KPU Sumenep, Abdul Warits, saat memberikan keterangan seusai pleno pada hari Kamis (17/12/2020) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep resmi melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Sumenep tingkat kabupaten di Hotel Utami Jalan Raya Trunojoyo pada hari Kamis (17/12/2020).

Hasil pleno itu menyatakan pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah memperoleh suara sebanyak 319.876 suara dari paslon nomor urut 02, Fattah Jasin-KH Ali Fikri yang memperoleh suara sebanyak 296.676 suara.

"Hari ini hanya penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara oleh KPU Sumenep di tingkat kabupaten dan hasil rekapitulasi ini sah," kata Ketua KPU Sumenep, Abdul Warits, Kamis (17/12/2020) malam.

Sedangkan untuk penetapan pemenang paslon bupati dan wakil bupati Sumenep, katanya, harus melalui proses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Penjelasan KPU Kabupaten Malang Tanggapi Protes Malang Jejeg dan Ladub

Baca juga: Polresta Malang Kota Akan Turunkan Tim Gabungan, Lakukan Pengecekan Kotak Amal di Berbagai Wilayah

"Mekanisme selanjutnya nanti itu ada penetapan calon terpilih nanti, tetapi setelah kita dapat  pemberitahuan dari MK. Artinya takut masih ada salah satu paslon melakukan gugatan terkait hasil," terangnya.

Jika nanti katanya, tidak ada gugatan ke MK, maka penetapan calon terpilih akan diumumkan setelah lima hari dari pemberitahuan ke MK.

"Ya sebaliknya, kalau seumpama nanti ada gugatan. Maka penetapan akan dilakukan setelah ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap (inkrah) dari MK," jelasnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana

Editor: Pipin Tri Anjani

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved