Breaking News:

Tanggap Bencana Semeru di Lumajang Berakhir, Tenda Pengungsian Segera Dibersihkan

- Masa tanggap darurat Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang telah berakhir hari ini (21/12/2020).

SURYA/Tony Hermawan
Tenda pengungsian di Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro masih terlihat berjaga untuk mengantisipasi aktivitas Gunung Semeru kembali meningkat, Minggu (6/12/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Masa tanggap darurat Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang telah berakhir hari ini (21/12/2020).

Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A Wibowo sebagai Komandan Tanggap Darurat (Incident Commander) mengatakan, pihaknya akan segera membereskan tenda-tenda siaga di titik pengungsian.

"Jadi tanggap darurat sudah berakhir hari ini kemudian tim di posko terpadu sebagian tim akan membereskan tenda-tenda," kata Andi, Senin (21/12/2020).

Meskipun tanggap darurat Semeru berakhir, pemantauan gunung tertinggi di Jawa itu akan tetap dilakukan. Pihaknya akan melibatkan semua unsur Forkopimda untuk memantau perkembangan Gunung Semeru terbaru.

"Jadi walaupun tanggap darurat sudah selesai tapi Koramil Prunojiwo dan Candipuro setiap saat pagi, siang, dan malam akan terus memantau perkembangan terakhir," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Pedas Barbie Kumalasari Sindir Nikita Mirzani Ikut Campur Dipancing Irfan Hakim, Nyai: Downgrade

Baca juga: Vanessa Angel Ikut Demam Ikatan Cinta, Ajak Suami Buat TikTok Parodikan Adegan Al-Andin I Love You

Baca juga: Pemain Persebaya Oktafianus Fernando Penasaran Ingin Jajal Wajah Baru Stadion Gelora 10 November

Di sisi lain, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang tinggal di lereng Semeru. Hal tersebut dilakukan karena hingga sekarang material lahar masih menumpuk di Besuk Kubukan dan DAS (Daerah Aliran Semeru) lainnya.

"Potensi bahaya tetap ada. Karena masih ada material padat maupun lahar panas yang sudah turun di Besuk Kobokan, mangkannya kami terus sosialisasi masyarakat agar selalu siap dan tanggap apabila ada hujan deras," pungkasnya kepada TribunJatim.com. (Tony/Tribunjatim.com)

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved