Breaking News:

BPJS Ketenagakerjaan Buka Layanan di Mal Pelayanan Publik Bojonegoro

BPJS Ketenagakerjaan membuka layanan di Mal Pelayanan Publik Bojonegoro untuk mendekatkan diri kepada masyarakat

Editor: Mujib Anwar
TribunJatim.com/istimewa
Layanan kepada masyarakat di BPJS Ketenagakerjaan / BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro. 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ( BPJAMSOSTEK ) membuka layanan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Ini dilakukan untuk mempermudah pekerja setempat mengurus jaminan sosial ketenagakerjaannya .

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo hadir dan meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Bojonegoro, Selasa (6/4/2021).

MPP sebagai upaya percepatan dan ketepatan dalam reformasi dan birokrasi di Kabupaten Bojonegoro

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bojonegoro Dolik Yulianto mengatakan, Selasa, layanan BPJAMSOSTEK di Mal Pelayanan Publik Bojonegoro sebenarnya sudah di buka secara soft launching pada sembilan Januari 2019 tahun lalu dan pada dua Juni 2020 dilakukan nota kesepahaman terkait penyelenggaran terpadu berupa pelayanan BPJAMSOSTEK di Mal Pelayanan Publik Bojonegoro.

“Hari ini grand launchingnya diresemikan langsung Menpan-RB ” di gedung MPP Jalan Veteran No.227, Ngrowo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro.

Hadir pula Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, jajaran Forkopimda serta para organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Bojonegoro," ujar Dolik Yulianto.

Baca juga: Setahun Masa Pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro Bayar Klaim Sebesar Rp 77 Miliar

Baca juga: Sosialisasi Penguatan Paritrana Award-Jaminan Kehilangan Kerja, BPJAMSOSTEK Bojonegoro Gelar Webinar

Menurut dia, keberadaan layanan BPJAMSOSTEK di Mal Pelayanan Publik Bojonegoro merupakan komitmen lembaganya untuk memberikan layanan yang lebih maksimal kepada para peserta pekerja Bojonegoro yang membutuhkan layanan manfaat program BPJAMSOSTEK.

"Di MPP Bojonegoro tersebut kami diberikan satu stan untuk melayani masyarakat pekerja Bojonegoro”. Kami telah menempatkan satu petugas khusus setiap harinya untuk membantu masyarakat pekerja Bojonegoro yang membutuhkan bantuan mengurus BPJAMSOSTEK," kata dia.

Dolik berharap dengan dibukanya layanan BPJAMSOSTEK di MPP Jl Veteran tersebut dapat memberikan kemudahan dan mendekatkan diri kepada peserta meningkatkan kepuasan pelayanan kepada peserta pekerja di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJAMSOSTEK cabang Bojonegoro Setyoningsih menambahkan, terbentuknya MPP ini ada 13 elemen yang didalamnya ada Pemkab Bojonegoro, Kepolisian Resor Bojonegoro dan 11 kantor dan badan termasuk BPJS Ketenegakerjaan.

Setyoningsih mengatakan pelayanan BPJAMSOSTEK Bojonegoro di MPP pertama adalah memberikan informasi terkait dengan manfaat program, syarat klaim jaminan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Kedua menerima pendaftaran kepesertaan penerima upah (PU) dan bukan penerima upah (BPU), penerimaan mutasi data tenaga kerja baik tenaga kerja masuk maupun keluar dan pembayaran iuran pertama bisa langsung di proses, jika ada peserta yang ingin menanyakan informasi saldo tidak perlu jauh ke Kantor Cabang cukup ke MPP saja.

"Harapannya, dengan kehadiran BPJAMSOSTEK di mal pelayanan publik tersebut bisa memberikan kemanfaatan pada masyarakat pekerja dalam hal mendapatkan pelayanan yang lebih baik," Tambahnya.

Termasuk mendekatkan dengan peserta dan memaksimalkan kerja sama dengan pemangku kepentingan setempat guna meningkatkan jumlah kepesertaan di Kabupaten Bojonegoro. (*)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved