Breaking News:

Kalapas I Surabaya Harap Masyarakat Tetap Peduli Setelah Eks Napiter Bebas: Agar Tidak Kambuh Lagi

tercatat enam orang narapidana teroris (Napiter) menghuni blok khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim.

tribun/luhurPambudi
Kepala Lapas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim, Gun Gun Gunawan dalam wawancara eksklusif liputan khusus (Lipsus) SURYA, di Lapas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim, Selasa (30/3/2021). 

Reporter: Luhur Pambudi I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sedikitnya tercatat enam orang narapidana teroris (Napiter) menghuni blok khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim.

Jumlah tersebut merupakan data terbaru yang dihimpun oleh Divisi Bimbingan Kemasyarakatan (Bimas) Lapas I Surabaya, hingga Selasa (30/3/2021) kemarin. 

Beberapa pekan sebelumnya, ada dua orang napiter yang telah dibebaskan setelah menjalani masa rehabilitasi pemasyarakatan. Informasinya, terdapat 36 napiter yang sedang menjalani program deradikalisasi di 15 lapas yang ada di Jatim. 

Kepala Lapas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim, Gun Gun Gunawan mengatakan, pihaknya menampung napiter terbanyak di Jatim.  

Beberapa waktu lalu, pihaknya menampung lebih dari 20 orang napiter. Sebagian dari mereka ada juga yang baru dipindah dari lapas yang terdapat di Cikeas, Bogor, Jabar.

Setelah menjalani serangkaian progam deradikalisasi dan bebas dari masa tahanan. Jumlah napiter di sana berangsur-angsur menurun jumlahnya.

"Itu sudah NKRI semua dan sudah melewati program deradikalisasi," katanya dalam wawancara eksklusif liputan khusus (Lipsus), di Lapas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jatim, Selasa (30/3/2021).

Tak semua napiter itu bebas dengan perubahan; taubat dan kembali mengucap janji setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Gun Gun mencatat, ada dua orang napiter terpaksa dipindahkan dari Lapas I Surabaya ke lapas di provinsi lain.

Halaman
1234
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved